Dinding Irigasi di Dusun Campaka Jebol, Dengan Sigap Anggota Koramil 1011/Situraja Lakukan Karya Bhakti TNI - El Jabar

Dinding Irigasi di Dusun Campaka Jebol, Dengan Sigap Anggota Koramil 1011/Situraja Lakukan Karya Bhakti TNI

SUMEDANG, eljabar.com — Hujan lebat yang turun diwilayah Kabupaten  Sumedang  beberapa hari terakhir mengakibatkan terjadinya longsoran-longsoran bukit atau tebing yang berada di tepian jalan. Bahkan, longsoran juga terjadi di saluran irigasi dan beberapa perkampungan, Kamis (26/12/2019).

Seperti terjadi di Dusun Campaka RT 02 RW 04 Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang telah terjadi dinding irigasi jebol seluas 25 meter yang diakibatkan hujan besar yang menerjang wilayah tersebut.

Melihat situasi ini, 10 personel dari Koramil 1011/Situraja pun melakukan Karya Bakti TNI, mereka melakukan kegiatan tersebut dengan sasaran membuka saluran irigasi yang terkena longsoran. Tak hanya Koramil, anggota Satpol PP Kecamatan Cisitu, BPBD Kabupaten Sumedang, Dinas sosial Kabupaten Sumedang, Ormas dan anggota masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dengan menggunakan alat yang ada seluruh anggota melaksanakan pembersihan longsoran lumpur, penanggulan aliran air, membuat saluran pengalihan air. “Dengan adanya karya bhakti TNI ini, saya sebagai warga masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena dampak dari jebolnya irigasi ini bisa cepat teratasi dan rumah warga yang kena dampakpun bisa di huni kembali,” ujar wawan.

Sementara itu, Danramil 1011/Situraja Kapten inf Dadang setiawan mengatakan, karya bakti TNI ini dilakukan setelah menerima laporan dari Babinsa Serda wahyudin. “Saat menerima laporan itu, dia mengaku langsung memutuskan untuk melakukan karya bakti TNI ini, guna mempercepat pembersihan rumah warga yang kena dampak, dan memperbaiki saluran irigasi sehingga diharapkan bisa cepat berfungsi kembali,” katanya.

Kapten inf Dadang Setiawan juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah terlibat didalam kegiatan tersebut dan merasa bangga karena dengan kerjasama yang baik dan bekerja secara gotong royong ternyata semua kegiatan berjalan lancar dan cepat teratasi. (Abas)

Categories: Regional