Disparbudpora Gelar Musik dan Fashion Insan Kreatif Kabupaten Sumedang 2019

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang menyelenggarakan Gelar Musik dan Fashion Insan kreatif Kabupaten Sumedang Tahun 2019 di Halaman Gedung Negara, Sabtu (14/12/2019) malam.

kegiatan Gelar Musik dan Fashion Insan kreatif ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam menjadikan sektor ekonomi kreatif sebagai penggerak utama pertumbuhan dan pembangunan ekonomi serta sebagai pendukung sektor pariwisata di Kabupaten Sumedang.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, hadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Para kepala SKPD dan Camat, Pimpinan Bank Jabar, Pimpinan Bank Sumedang, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua IIAD, para insan kreatif serta tamu undangan lainnya.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang Hary Tri Santosa dalam laporkannya menyampaikan, Kegiatan yang dilaksanakan menampilkan ragam kreativitas dari 14 designer, 4 perajin batik, 5 pengrajin kriya, 10 pelaku seni pertunjukan, 33 insan musik, serta 25 orang model dari SKPD dan kecamatan.

Maksud dan tujuan kegiatan ini selain untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi para pelaku ekonomi kreatif serta meningkatkan kerjasama antar subsektor ekonomi kreatif, juga bertujuan untuk mempromosikan batik dan kerajinan Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi kegiatan yang digagas oleh bidang ekonomi kreatif dengan Insan kreatif se-kabupaten Sumedang. Ia mengharapkan kolaborasi tersebut akan semakin memperkuat sinergitas dalam memajukan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang.

“Tentunya kolaborasi ini akan semakin menyatukan insan kreatif dengan dengan pemerintah daerah dalam memajukan fashion, musik dan pariwisata di Sumedang. Sehingga akan menggerakan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, ada beberapa makna yang bisa diambil dari pelaksanaan kegiatan tersebut pertama, sebagai wadah konsolidasi insan kreatif dibidang fashion, musik dan seni pertunjukan di Kabupaten Sumedang.

Kemudian yang kedua sebagai sarana promosi ekonomi kreatif dan sarana mengaktualisaikan potensi kreatif yang dimiliki oleh insan kreatif di kabupaten Sumedang

“Insan kreatif membutuhkan wahana untuk mengatualisasikan potensi kreatif yang dimilikinya, disinilah salah satu tempatnya,” terang bupati.

Selanjutnya, kata Bupati, makna yang ketiga, adalah sebagai wahana untuk mempromosikan wisata kabupaten Sumedang. Ia pun mengharapkan kegiatan tersebut bisa tersebar secara luas dan dipromosikan oleh seluruh masyarakat melalui media sosial dan lain sebagainya.

“Harapan saya, kegiatan ini bisa dipromosikan dan tersebar secara luas. Untuk itu, saya mohon semuanya bisa menjadi bagian yang ikut mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sumedang termasuk kegiatan pada malam ini,” harapnya.

Kemudian makna terakhir, Bupati mengatakan, kegiatan tersebut pada dasarnya untuk menggerakan ekonomi masyarakat kabupaten Sumedang. Menurutnya, Karena tujuan itulah, Pemerintah hadir untuk mensejahterakan dengan menggerakan ekonomi masyarakat.

“Itulah makna yang bisa kita ambil dari kegiatan malam hari ini. Terima kasih, ini luar biasa color full, Insya Allah penuh makna, ceria dan have fun” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan