Disparbudpora Sumedang Selenggarakan SOCA di Tahura Gunung Palasari - El Jabar

Disparbudpora Sumedang Selenggarakan SOCA di Tahura Gunung Palasari

SUMEDANG, eljabar.com — Kegiatan SOCA (Sumedang on Creative of Art) diselenggarakan di Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Palasari Kabupaten Sumedang, Kamis, 5 November 2020.

SOCA ini merupakan salah satu program kerja yang diselenggerakan oleh bidang ekonomi kreatif Disparbudpora Kabupaten Sumedang dalam rangka peningkatan kreatifitas, motivasi dan kualitas SDM dibidang ekonomi kreatif dan seni budaya daerah sehingga para pelaku subsektor Seni Rupa mempunyai daya saing yang lebih mumpuni di masa depan.

Kegiatan dilaksanakan sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah untuk memberikan ruang berekspresi kepada para seniman seni rupa khususnya seni lukis terutama di kondisi situasi Pandemi Covid 19 ini.

“Sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa pandemic Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk sktor seni rupa. Para pelaku seni rupa teruma yang benar-benar menggantungkan hidupnya dari jasa bersenian sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19,” jelas Kepala Dinas Pariwasata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumedang, Hari Tri santosa, AP. MM.

Disamping itu, kata dia, diluar situasi Covid-19 para seniman seni rupa di Kabupaten Sumedang belum sepenuhnya terfasilitasi untuk berkreasi dan berekspresi, sehingga memerlukan campur tangan pemerintah untuk memberikan ruang berekspresi.

“SOCA ini merupakan kegiatan melukis bersama para seniman seni rupa Sumedang pada media canvas dan dinding (mural). Kegiatan Mural sudah terlebih dahulu dilaksanakan di Pelataran Kantor Dinas Pariwasata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga. Dan Pada hari ini dilaksanakan kegiatan melukis bersama dalam media Canvas di Tahura Gunung Palasari, Kabupaten Sumedang,” tegas Hari.

Melukis bersama ini diikuti oleh 30 orang pelukis yang tergabung dalam beberapa komunitas seni rupa Sumedang, dan juga diikuti oleh peserta difabel.

“Hasil dari lukisan ini akan dikumpulkan dan dipajang di Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang sebagai bentuk dukungan dan juga menampilkan karya dari para pelaku Seni Rupa Kabupaten Sumedang,” tandasnya. (abas)

Categories: Kronik