e-Office dan e-Sakip Sumedang akan Dicontoh Kabupaten Pangandaran - El Jabar

e-Office dan e-Sakip Sumedang akan Dicontoh Kabupaten Pangandaran

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Kabupaten Sumedang menjadi percontohan bagi daerah lain karena terus berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan diantaranya  melalui penerapan aplikasi e-Office dan e-Sakip.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran yang dipimpin oleh Pjs. Bupati Dr. H. Dani Ramdani, MT melakukan kunjungan kerja terkait dengan Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik yang diterima di Ruang Tengah Gedung negara, Kamis (05/11/2020).

Rombongan Pjs. Bupati Pangandaran diterima oleh Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST, MM yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, MSi.

Tampak Hadir Kepala Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman, unsur Bagian Organisasi dan Bagian Kerja Sama Setda Kabupaten Sumedang.

Sementara rombongan dari Kabupaten Pangandaran terdiri dari unsur BKPSDM, Bagian Organisasi Setda dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Setda.

Pjs. Bupati Pangandaran Dr. H. Dani Ramdani, MT mengatakan, Kabupaten Sumedang merupakan salah satu Kabupaten yang selalu berinovasi salah satunya  e-Office dan e-Sakip.

“Tentunya banyak inovasi yang dilakukan Kabupaten Sumedang sehingga membuat Kabupaten Pangandaran ingin menerapkan hal-hal yang ada di Kabupaten Sumedang diantaranya dalam penerapan e-Office dan e-Sakip,” ungkapnya.

Dani menambahkan, melihat daerah yang lain maju tentunya menjadi motivasi bagi Pangandaran untuk menambah ilmu dan mengembangkan karya serta mengimplementasikan apa yang bisa ditiru.

Sementara itu, Bupati Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST, MM mengucapkan  selamat datang kepada Kabupaten Pangandaran atas kunjungan ke Kabupaten Sumedang sebagai sebuah kehormatan bagi Kabupaten Sumedang.

“Tentunya kehormatan bagi kami untuk saling berbagi dan sharing  terkait pemanfaatan teknologi informasi dan Sakip Desa,” ujarnya.

Bupati juga menyebutkan, dalam rangka mempercepat dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumedang terus berinovasi membuat sistem layanan berupa berbagai aplikasi digital.

“Dengan menetapkan Kabupaten Sumedang sebagai Digital Region (Kabupaten Digital) dengan sasaran menuju Sumedang Happy Digital Region diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan yang bermuara pada kesejahteraan  masyarakat,” tukasnya.

Dikatakan bupati lebih lanjut, ada beberapa aplikasi yang sudah diluncurkan oleh Pemkab Sumedang.

“Selain e-Office dan e-Sakip, Kabupaten Sumedang juga sudah membuat aplikasi Markonah, Mauneh, Maijah Mauti, dan Amari. Rencananya e-Office akan dikembangkan agar bisa menganalisa dan mengambil kebijakan untuk pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Masih dikatakan Bupati, Super App e-Office merupakan Aplikasi yang diperuntukan untuk ASN mencakup semua urusan pemerintahan dan administrasi ASN yang sudah menggunakan konsep ‘single sign in’.

“Di dalamnya ada tentang persuratan, SAKIP, manajemen talenta, LKE RB ZI, kepegawaian, kinerja, manajemen kerja dan absensi,” tambahnya.

Sedangkan untuk Super App e-Desa merupakan aplikasi yang terintegrasi untuk aparatur desa di lingkungan Kabupaten Sumedang yang di dalamnya terdapat tentang persuratan, Sakip Desa, aplikasi Simedok, layanan masyarakat dan kinerja aparatur desa.

“Ke depan semua layanan yang ada di Kabupaten Sumedang akan dibuatkan dalam satu sistem dengan menggunakan metode single sign on yang nantinya akan mempermudah pelayanan bagi mayarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran tentang Hibah aplikasi e-Office dan e-Sakip. (Abas)

Categories: Regional