Dony Ahmad Munir Bertemu dengan FSKU Kabupaten Sumedang – El Jabar

Dony Ahmad Munir Bertemu dengan FSKU Kabupaten Sumedang

Sumedang,eljabar.com — Selasa (10/8), Bupati Dony Ahmad Munir menerima audiensi Forum Silaturahmi dan Komunikasi UMKM Unggulan (FSKU) Kabupaten Sumedang di Ruang Tengah Gedung Negara.

Tampak hadir mendampingi Bupati, Plt. Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Deni Tanrus, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Hari Tri Santosa dan Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Maman Nurachman.

Ketua Forum Silaturahmi Komunikasi UMKM Unggulan (FSKU) Aep wahito mencatat total UMKM di forum tingkat kecamatan sebanyak 14.689 pelaku usaha.

Dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar kegiatan dalam rangka memperingati HUT UMKM Nasional.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya Gelar Produk UMKM Unggulan serta kerja sama dengan objek wisata Sumedang melalui program OTOP atau One Ticket One Product,” ujarnya.

Bupati Dony mendukung terjalinnya kerja sama antara FSKU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam rangka memajukan UMKM di Kabupaten Sumedang.

“Kami siap mensupport program kerja UMKM Sumedang yang tergabung dalam FSKU dan forum UMKM lainnya,” katanya.

Melalui FSKU dan forum sejenisnya, Bupati berharap agar para pelaku usaha banyak mengikuti pelatihan sebagai modal dasar dalam melakukan usahanya.

“Masalah UMKM yaitu modal dan produk kemasan. Untuk itu, saya harap dilakukan pelatihan sehingga apa yang kita targetkan bisa sesuai dengan apa yang kita rencanakan,” tuturnya.

Dalam rangka PED (Pemulihan Ekonomi Daerah) pasca Pandemi Covid-19, forum UMKM dapat menyiapkan konsep dan program untuk dieksekusi.

“Dalam rangka pemulihan ekonomi, saya harap tiap UMKM bisa memiliki produk unggulannya dan setiap izin tempat wisata harus menyediakan satu konter produk UMKM Sumedang,” tuturnya.

Bupati juga meminta agar Disindagkop mampu berkerja sama dengan UMKM untuk membuat Rumah Kemasan bagi UMKM serta menyediakan tempatnya.

“Saya minta time line kegiatan apa yang sudah dan yang akan dilaksanakan Forum ini sehingga terlihat jelas bagaimana nasib UMKM ke depannya, khususnya memberikan terobosan yang baru bagi UMKM,” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional