DPRD Kab Bandung Tegaskan Perbup No. 6/2020 Harus Direvisi…!

KAB. BANDUNG, ejabar.com – Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Bandung No. 6 tahun 2020 tentang perubahan atas Perbup tahun 2018 tentang implementasi transaksi non tunai (TNT) dikeluhkan kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Cecep Suhendar, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung  yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar kepada eljabar.com angkat bicara, “Perbup tidak boleh bertentangan dengan aturan atasannya dan Perbup No. 6 tahun 2020 mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) No. 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Implementasinya terdampak pada sistem administrasi di satuan pengguna anggaran sehingga terjadi kekakuan dalam penggunaan anggaran yang bisa menghambat pelayanan publik,” ujarnya melalui pesan whatapp pada Senin (09/03/2020).

Lebih lanjut Cecep menuturkan, meski laporan keuangan beberapa tahun belakangan mendapat teguran dari pemeriksa keuangan daerah dan pusat, namun tidak identik dengan temuan penyalahgunaan, sehingga tidak harus menjadi keputusan yang mengikat dan menyulitkan bagi para kuasa pengguna anggaran dalam melaksanakan transaksi non tunai (TNT) yang dikategorikan kecil. Dan juga Perbup No. 6/2020 harus memberikan ruang bagi transaksi tunai dengan nilai yang dikecualikan.

“Oleh karenanya Perbup Bandung No. 6/2020 harus direvisi supaya supaya memberikan kemudahan bagi para unit pelaksana pengguna anggaran tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Cecep Suhendar.

Hal senada diungkapkan beberapa Kepala SDN yang mengatakan, “Aslinya TNT Cuma bikin rumit oleh karenanya, saya beserta kepala SDN yang lain berharap kepada Cecep Suhendar, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung  yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar dan saparakanca memberikan koreksi kepada Bupati Bandung, Dadang M. Naser soal Perbup No. 6/2020 direvisi supaya operasional sekolah tidak ribet dan pula BOS tunai tidak ada masalah,” pungkasnya. *A56

Advertisement

Categories: Pendidikan