Dukung SAKIP Sumedang, "Rancakalong Berbagi" Dorong Kemajuan Warga - El Jabar

Dukung SAKIP Sumedang, “Rancakalong Berbagi” Dorong Kemajuan Warga

SUMEDANG, eljabar.com — Kecamatan Rancakalong menjadi kecamatan terakhir yang mendapat pembinaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Tim II Gugus Tugas SAKIP Kabupaten Sumedang yang dipimpin Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan.

Akselerasi Evaluasi SAKIP yang digelar Senin (6/7/2020) tersebut diikuti oleh jajaran pemerintah Kecamatan Rancakalong serta para Kepala Desa dan Sekdes se-Kecamatan Rancakalong.

Camat Rancakalong Ili mengatakan, pihaknya tengah mendorong peningkatan tiga indikator SAKIP di wilayahnya yang meliputi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta penurunan kemiskinan dan stunting.

“Untuk pelayanan masyarakat kita terus berbenah Insya Allah tahun sekarang akan melaksanakan rehab pelayanan. Kemudian untuk mendorong percepatan penurunan angka kemiskinan dan stunting kita terus melaksanakan koordinasi dan membuat program dengan memberdayakan warga masyarakat yang miskin dengan mencoba mendorong pembelajaran usaha untuk usaha rumah tangga. Ada juga pemberian pil tambah darah untuk ibu hamil dan remaja putri,” ujarnya.

Dikatan Ili lebih lanjut, masih dalam rangka mendorong kemajuan masyarakat Kecamatan Rancakalong, dibuat sebuah program yang bernama ‘Rancakalong Berbagi’.

“Diantara program tersebut, kita mendorong budidaya Ayam Coper dengan memberikan bantuan stimulan kepada 12 orang warga yang tersebar di tiap desa. Alhamdulilah kita juga berkolaborasi dengan UPDB dan UPZ untuk memberikan pembelajaran budidaya puyuh dan jamur serta pemanfaatan lahan perkarangan,” ucapnya.

Wabup berterima kasih kepada jajaran pemerintahan kecamatan dan desa yang telah berusaha menurunkan angka kemiskinan dan stunting serta memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat.

“Semoga benar-benar bermanfaat dan dapat menurunkan angka kemiskinan dan stunting di Kecamatan Rancakalong,” ucapnya.

Menurutnya, Rancakalong merupakan tanah yang subur dan harus dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Sumedang khususnya Kecamatan Rancakalong.

Wabup pun berharap masing-masing kecamatan mampu memahami Indikator Kinerja Individu (IKI) sehingga mampu mendongkrak Indikator Kinerja Utama (IKU) dan meningkatkan nilai SAKIP.

“Saya harap semua orang memahami tugas serta mampu mempertanggungjawabkannya dengan melakukan evaluasi secara berkala,” ucapnya.

Ia meminta agar seluruh aparat berdisiplin dan menjadikan tempat kerja seperti layaknya rumah sendiri agar kondusifitas kerja tetap terjaga.

“Jadikanlah diri kita bermanfaat bagi orang lain. Tentunya Rancakalong akan semakin baik, berkembang dan maju ke depannya,” ujarnya.

Terakhir Wabup menyampaikan SAKIP merupakan tujuan bersama. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen bersama yang kuat untuk mencapainya.

“Saya harap dua minggu ke depan dipenuhi kekurangannya dan mohon dilengkapi dokumen yang dibutuhkan dan masih kurang sehingga kita mampu memperbaiki nilai SAKIP Kabupaten Sumedang menjadi A,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan