Erwan Buka Kegiatan Naratama Pramuka Kwartir Cabang Sumedang Tahun 2020 - El Jabar

Erwan Buka Kegiatan Naratama Pramuka Kwartir Cabang Sumedang Tahun 2020

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan membuka kegiatan Naratama Pramuka Kwartir Cabang Sumedang Tahun 2020 yang diinisiasi Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang di tempat wisata Tegal Jarong, Jatigede, Selasa (13/10/2020).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Pengurus Kwarcab, jajaran Pusdiklatcab, para Mabiran dan Pengurus Ranting Gerakan Pramuka se-Kabupaten Sumedang.

Ketua Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Sumedang Suryarti dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya meningkatan pengetahuan dan keterampilan Pelatih Pembina Pramuka di Kwartir Cabang Pramuka Sumedang.

“Tujuannya meningkatkan pengetahuan Pelatih Pembina Pramuka, meningkatan keterampilan Pelatih Pembina Pramuka serta meningkatkan komunikasi antar Pelatih Pramuka yang ada di wilayah Kwarcab Sumedang,” ucapnya.

Ia menerangkan, kegiatan pembukaan berlangsung selama sehari dan diisi dengan sarasehan serta pembekalan Naratama.

“Selain diikuti oleh 10 orang Pelatih Pembina yang akan mengikut kegiatan Naratama, hadir pula pada pembukaan 70 orang anggota Korps Pelatih dari Pusdiklatcab, dan undangan sebanyak 20 orang. Pada saat ini hadir sekitar 80 persen,” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut bertemakan  “Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan serta Komunikasi para Pelatih Pramuka Sumedang”.

“Kegiatan ini sebagai awal yang baik bagi Pusdiklatcab Sumedang selaku panitia kegiatan dalam melaksanakan Program Kerjanya. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran langsung Wakil Bupati selaku Ketua Kwarcab Sumedang untuk membuka kegiatan Naratama.

“Baru hari ini di Pusdiklatcab pembukaan Naratama langsung dibuka Ketua Kwarcab Kabupaten Sumedang. Tentunya ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami. Mudah-mudahan langkah ini ke depan bisa dilanjutkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Sumedang H Erwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, eksistensi Pramuka sebagai wadah bagi kaum muda untuk membina diri di alam terbuka dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan bertujuan untuk pendidikan karakter.

“Peran dan fungsi pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) di kwartir sangat diperlukan untuk bisa menjamin kualitas Gerakan Pramuka,” ucapnya.

Ia menerangkan, di tingkat Kwarcab, peran dan fungsi Pusdiklat memfasilitasi secara akademis kependidikan kepramukaan melalui kursus- kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

“Sedangkan untuk Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KPL) difasilitasi oleh Kwarda dan Kwarnas,” terangnya.

Ia menambahkan, Naratama bertujuan untuk mengembangkan hasil yang diperoleh para peserta lulusan KPD dan KPL serta meningkatkan dan menjamin kualitas para Pembina Pramuka yang handal.

“Mari kita jadikan kegiatan Naratama ini sebagai upaya kita untuk terus menggali serta menanamkan nilai-nilai kepramukaan sehingga dapat berimplikasi pada perwujudan organisasi kepramukaan yang semakin handal, berkualitas, mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,” ajaknya.

Wabup berharap, kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk jaminan keberlangsungan organisasi kepramukaan melalui pendidikan dan pelatihan.

“Karena maju mundurnya Pramuka di Sumedang ini ada di pundak Pusdiklatcab yang menjamin kualitas SDM Pramuka melalui peningkatan kemampuan, baik itu yang sifatnya dasar maupun lanjutan. Oleh karena itu, kegiatan ini harus terus dilaksanakan secara berjenjang,” harapnya. (Abas)

Categories: Pendidikan