Erwan Jelaskan Implementasi Reformasi Birokrasi di Kabupaten Sumedang Kepada 226 CPNS - El Jabar

Erwan Jelaskan Implementasi Reformasi Birokrasi di Kabupaten Sumedang Kepada 226 CPNS

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 226 CPNS Kabupaten Sumedang Tahun 2019 kembali mendapatkan arahan dari Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan Rabu (20/01/2021).

Dalam pembekalan yang dilaksanakan secara virtual di ruang kerja tersebut, Wabup menjelaskan Implementasi Reformasi Birokrasi di Kabupaten Sumedang.

“Latar belakang Reformasi Birokrasi adalah pelayanan publik yang belum optimal. Dengan adanya Delapan Area Perubahan, diharapkan kondisi birokrasi menjadi bersih dan akuntabel serta mempunyai pelayanan publik yang berkualitas,” ujarnya.

Ditambahkan Wabup, dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat, nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Sumedang pada awalnya berada di peringkat terakhir.

“Alhamdulillah pada 2019 kita berada di rangking ke 7 di Jawa barat meningkat dari Tahun 2017 yang berada di peringkat 27. Mudah-mudahan kita dapat terus meningkatkan nilai SAKIP Kabupaten Sumedang sehingga ke depannya bisa memperoleh peringkat pertama,” tegas Wabup.

Masih dikatakan Wabup, Kabupaten Sumedang menjadi yang pertama di Jawa Barat menjadi role model di Indonesia terkait dengan penerapan SAKIP Desa.

“SAKIP Desa adalah yang pertama ada di Jawa Barat dan telah banyak dijadikan obyek studi banding oleh daerah lain untuk diterapkan di masing-masing daerah,” katanya.

Wabup juga meminta  kepada CPNS di Kabupaten Sumedang untuk lebih meningkatkan nilai profesionalitasnya.

“Saya berharap kehadiran para CPNS di jajaran birokrasi mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Sumedang secara umum,” katanya.

Setelah mengikuti pembekalan tersebut, CPNS  diharapkan benar-bemar mampu menjadi ASN yang berkarakter dan profesional.

“Jadikan pembinaan ini sebagai pemicu semangat agar kita jangan sampai tertinggal dari daerah-daerah lain. Saudara-saudara menjadi contoh bagi ASN lain di Kabupaten Sumedang dengan terus mengasah kemampuan,” pungkasnya.

Pembekalan berlangsung seminggu sejak 14 Januari 2021 dengan 24 materi pelatihan dasar CPNS yang disampaikan 19 orang narasumber.

Peserta pembekalan CPNS meliputi  125 orang guru, 25 orang tenaga kesehatan dan 76 orang tenaga tenaga administrasi teknis. (Abas)

Categories: Pemerintahan