Wakil Bupati Sumedang Resmikan Masjid Jamie Ahlaqhul Muhajirin di Desa Cipacing - El Jabar

Wakil Bupati Sumedang Resmikan Masjid Jamie Ahlaqhul Muhajirin di Desa Cipacing

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan SE meresmikan masjid jamie Ahlaqhul Muhajirin di Komplek Bumi Cipacing Permai RW 17 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor, Rabu (20/01/2021). Masjid megah senilai Rp2,6 miliar itu hasil swadaya masyarakat sejak pembangunan 2018 silam.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan masjid itu sangat megah, mirip seperti masjid keluarganya di Bandung. Apalagi, dengan ornamen modern dan lampu yang gemerlap membuat masjid itu tambah megah.

“Yang terpenting bagaimana masjid dijadikan rumah Allah, tempat beribadat sekaligus untuk menyebarkan syiar agama islam. Mesjid sebagai penjamin ukwah islamiyah yang harus dimakmurkan dan dijaga,” katanya.

Semoga, lanjut Erwan, masjid itu semakin makmur dan menjadi tempat kebudayaan islam. Menjadi wahana bagi anak anak dalam memperdalam ilmu agama dan menjadi perekat warga masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan masjid, Herry A Puluala didampingi Ketua DKM Masjid Ahlaqhul Muhajirin, Asep Abdul Halim mengatakan Masjid di Komplek Bumi Cipacing Permai itu dibangun di atas tanah seLuas 16 x 16 meter. Lahan itu, sumbangan CSR PT Polifin tahun 1993. Pembangunan masjid tersebut dimulai pada tahun 2018 silam, dan selesai pada Januari 2021 ini.

“Anggarannya swadaya masyarakat, memang lama pembangunannya sejak 1 April 2018 sampai Januari 2021. Dengan total anggaran menelan biaya senilai Rp 2,6 Miliar,” katanya.

Masjid itu, kata Herry memuat sampai 1500 jemaah karena dua lantai. Fasilitasnya pun selain masjid, juga ada ruang takjil, rapat, pemandian dan pemulasaran jenazah, juga ada dapur dan kamar khusus marebot. Untuk memudahkan anak anak belajar Daring, pihak DKM juga menyediakan wiffi gratis.

“Jumlah warga Cipacing Permai itu ada 519 KK atau 2338 jiwa. Jadi, sangat ideal dibangun di wilayah yang padat penduduk itu. Lokasinya yang sangat strategis, memudahkan warga untuk datang dan memakmurkan masjid,”  tandasnya. (Abas)

Categories: Kronik