FKBPD Apresiasi Bupati Sumedang yang Naikkan Tunjangan Bagi Ketua dan Anggota BPD – El Jabar

FKBPD Apresiasi Bupati Sumedang yang Naikkan Tunjangan Bagi Ketua dan Anggota BPD

SUMEDANG, eljabar.com — Menjadi sejarah dan pertama di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Jatinangor Periode 2021-2027 resmi dilantik oleh Bupati Sumedang, di Sahid Hotel Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Selasa (16/11/2021).

Ketua FK BPD terpilih Engkus Kusnadi S.Pd didampingi Sekretaris Sri Handayanie A.Md Si mengatakan, meski tak dihadiri secara langsung Bupati Sumedang, namun pihaknya mengapresiasi dukungan bupati terhadap keluarnya SK BPD yang dikeluarkan Bupati Sumedang termasuk tunjangan honor bagi ketua dan anggota BPD. Yang semula Rp525.000 untuk anggota menjadi 600.000 dan Rp750.000 untuk ketua.

“Apresiasi kami terhadap Pemerintah Kabupaten Sumedang terkait keluarnya SK dan kenaikan tunjangan meski belum maksimal. Kemudian yang kedua kami dari forum mempunyai tujuan yaitu bersinergi bersama-sama pemerintah desa untuk membangun 12 desa yang ada di Kecamatan Jatinangor. Dengan adanya forum BPD ini diharapkan menjadi¬† wadah untuk menampung seluruh aspirasi dari masyarakat di 12 desa yang ada di Kecamatan Jatinangor,” ujarnya.

Jangan sampai, kata Engkus, adanya BPD justru menjadi penghambat atau bertolak belakang dengan pemerintah desa. Justru dengan tugas pokok dan fungsi BPD yakni menampung aspirasi, menjadi pengawas dan membuat peraturan desa, diharapkan program program desa berjalan lancar, mandiri, bahkan sejahtera.

“Selaku ketua forum mudah-mudahan Jatinangor selalu bersinergi antara pemerintah desa dengan forum BPD yang ada di Kecamatan Jatinangor. Kami berkomitmen dengan seluruh BPD di kecamatan Jatinangor dengan adanya forum BPD ini marilah kita tingkatkan silaturahmi konsolidasi sinergitas menuju desa yang mandiri, sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Sumedang Asep Kurnia yang turut hadir dalam pelantikan tersebut menambahkan, dengan adanya forum BPD itu diharapkan menjadi wadah bagi seluruh BPD yang ada di tiap desa dan kecamatan untuk sama sama membangun Desa ke arah lebih baik. Adanya forum BPD ini diharapkan menjadi penyeimbang bahkan pengawas pemerintah desa.

“Intinya dengan adanya Forum Komunikasi BPD ini sama sama memperjuangan mewujudkan kerjasama masyarakat untuk membangkitkan ekonomi di desa dan memulihkan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui pelantikan FK BPD Kecamatan Jatinangor itu dihadiri Forkopimcam Jatinangor, Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dapil 5, Ketua BPD Kabupaten Sumedang, tokoh masyarakat, dan seluruh anggota BPD di tiap desa se Kecamatan Jatinangor. (Abas)

Categories: Regional