GMBI Sumedang: Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Pemersatu Bangsa - El Jabar

GMBI Sumedang: Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Pemersatu Bangsa

SUMEDANG, eljabar.com — Peringatan Hari Lahir Pancasila yang kerap dilaksanakan setiap 1 Juni merupakan salahsatu bentuk implementasi bahwa Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa, bernegara, bahkan pemersatu bangsa.

“Kendati dilaksanakan secara sederhana, LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Sumedang tetap melakukan peringatan Hari Lahir Pancasila,” ujar Ketua LSM GMBI Distrik Sumedang, Yudi T. Sunardja kepada wartawan di Sumedang, Selasa (02/06/2020).

Menurut Yudi, kesadaran individu khususnya anggota GMBI Sumedang sebagai warga Indonesia untuk lebih sadar dan mau mendisiplinkan diri, bahkan bertanggungjawab dengan mengingat dan mengamalkan Pancasila yang merupakan pondasi dasar dalam bernegara.

“Dalam memaknai kelahiran Pancasila ini, marilah bersama-sama kembali ke dalam makna Pancasila sesungguhnya yakni, mempersatukan Indonesia dengan segala perbedaan yang ada,” tegasnya.

Selain itu, terang Yudi, Hari Lahir Pancasila bukan sekedar perayaan belaka, melainkan hari dimana sebagai bangsa Indonesia, harus senantiasa menjunjung tinggi Pancasila, bukan hanya sekedar dasar negara atau tujuan berbangsa dan bernegara, melainkan harus di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sejatinya, Pancasila harus senantiasa bisa dipergunakan sebagai jatidiri atau identitas bagi bangsa Indonesia. Sehingga, lahir rasa keadilan dan tidak ada lagi diskriminasi antara penduduk yang satu dengan yang yang lain, tidak ada diskriminasi antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain, yang kesemuanya menjadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berasaskan Pancasila,” tuturnya.

Dirinya menghimbau kepada seluruh anggota LSM GMBI agar dapat menguatkan pondasi berbangsa dan merasakan indahnya bersatu, berbagi, dan berprestasi untuk mencapai kejayaan bangsa di masa depan.

“Kami pun mengajak untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian, semangat bersatu, berbagi dan bergotong royong membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya. Hal sederhana yang dapat dilakukan dalam memaknai hari lahir Pancasila ini yakni turut menjaga Indonesia,” tuntasnya. (Abas)

Categories: Kronik