H. Achmad Fahmi Buka Pelatihan Bagi Pengurus UKS/Madrasah se Kota Sukabumi - El Jabar

H. Achmad Fahmi Buka Pelatihan Bagi Pengurus UKS/Madrasah se Kota Sukabumi

SUKABUMI, eljabar.com — Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi membuka pelatihan bagi para pengurus UKS/Madrasah tingkat Kota Sukabumi di Salah satu Hotel di Kota Sukabumi, Senin (23/11/2020).

Dalam sambutannya, Fahmi menjelaskan, bahwa proses transfer keilmuan yang terjadi di sekolah maupun madrasah harus menyentuh pada perilaku budaya serta karakter. Dijelaskan pula, munculnya Trias UKS adalah untuk membentuk kebiasaan yang harus di ajarkan sejak dini kepada para siswa.

“Pelatihan UKS ini dalam rangka memberikan kesepahaman bagi guru untuk melakukan budaya atau perilaku hidup bersih dalam keseharian,” ungkapnya.

Fahmi mengatakan, bahwa Pemerintah pusat melalui keputusan empat menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri telah sepakat membuka pembelajaran tatap muka diseluruh jenjang pendidikan mulai bulan Januari 2021.

“Jadi menyikapi adanya kebijakn tersebut, pemerintah daerah telah mempersiapkan kekuatan para pengelola UKS sebagai bagian dari Gugus Tugas Covid-19 tingkat sekolah dengan harapan para pengelola UKS dapat segera membuat desain ataupun pola pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan,” katanya.

Fahmi juga mengungkapkan, momen ini sangat pas dalam mendesain dan membuat pola ketika pembelajaran tatap muka di Januari di masa new normal. Pengelola UKS juga lanjut Fahmi, jadi garda terdepan di level pendidikan dalam penanganan Covid-19 di sekolah.

“Untuk itu mari berkolaborasi untuk menjaga anak didik. Bahkan kedepan kami akan lakukan pemantauan UKS tersebut ketika pembelajaran dilakukan, hal ini untuk bahan evaluasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Sukabumi, Aang Zaenuddin, M.Pd., menjelaskan, bahwa dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka mewujudkan SDM yang berkualitas yang dimulai dari upaya meningkatkan kesehatan anak usia sekolah, guna meningkatkan kesehatan masyarakat.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, meningkatkan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan yang sehat melalui peningkatan pelayanan kesehatan di sekolah. Sedangkan tema kegiatan ini adalah pola hidup bersih dan sehat dalam rangka mewujudkan Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera. (Anne)

 

Categories: Pendidikan