Hadirkan Putri Indonesia, Batik Toket Pamekasan Siap Go Internasional - El Jabar

Hadirkan Putri Indonesia, Batik Toket Pamekasan Siap Go Internasional

Pamekasan, eljabar.com – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, menggandeng Kelompok Usaha Baru (KUB) Pamekasan Hebat (PAHE) Toket Proppo, menggelar launching Batik Go Internasional di Hotel Front One, Pamekasan, Sabtu, (27/03/2021).

Hal itu dilakukan untuk mengenalkan batik tulis yang bernaung dalam kelompok usaha bersama sentra batik Toket.

Acara tersebut dihadiri Ketua Dekranasda Jawa timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, Putri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri, Kepala Dinas Koperasi Jatim Dr. Mas Purnomo Hadi, Sekdakab, Totok Hartono beserta jajaran, Forkopimda dan sejumlah tamu undangan.

Launching Batik Toket Go Internasional dimaksudkan untuk penguatan sentra batik khas Pamekasan melalui KUB Batik Toket dan memperkenalkan batik tulis Pamekasan di kancah internasional.

Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan semua pengrajin batik Pamekasan yang tergabung di KUB Pahe Toket diharapkan mampu bersaing di kancah Internasional dan tetap produktif berkarya meskipun di masa Pandemi.

“Karya seni tidak akan pernah bisa dibendung apalagi Batik Tulis, terus berkarya dengan karya terbaik dan warna yang berani, karena setiap daerah mempunyai ciri khas batiknya sendiri”, tegas Istri orang nomor dua di Jatim tersebut.

“Mari kita unggulkan batik tulis Toket ini melalui program Pamekasan hebat karena bekerja sama secara kelompok ini akan lebih kuat ketimbang berjuang secara individu, dan 3 kata untuk batik Pamekasan, ‘Penuh cerita, Penuh Warna dan Beragam Motif’,” harap Arumi.

Sementara, Putri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri mengaku siap menggaungkan batik tulis khas kabupaten berjuluk Gerbang Salam tersebut.

“Saya dan Yayasan Puteri Indonesia serta PT. Mustika Ratu Indonesia mohon dukungan dan do’a untuk mengikuti perlombaan Miss Universe pertengahan bulan April nanti,” katanya.

“Ini juga merupakan peluang untuk membawa nama Jawa Timur dan Indonesia,” imbuh Ayu.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mendukung semua pengusaha di segala bidang, baik industri, perumahan dan retail.

Hal ini, kata Badut, akan memberi kontribusi bagi perkembangan Pamekasan sehingga akan meningkatkan daya saing.

“Mari bekerja sama untuk memajukan batik tulis Pamekasan demi kabupaten ini maju dan bisa setara dengan kabupaten hebat lainnya untuk Pamekasan yang Rajjah, bajjrah tor parjugeh,” pungkas Bupati milenial tersebut. (idrus)

Categories: Nasional