Hari Bumi Sedunia, Mahapala Unira dan PKSM Pamekasan Bagikan Ratusan Bibit Tanaman Keras - El Jabar

Hari Bumi Sedunia, Mahapala Unira dan PKSM Pamekasan Bagikan Ratusan Bibit Tanaman Keras

Pamekasan, eljabar.com — Hari Bumi Sedunia atau Earth Day yang jatuh tiap 22 April diperingati Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala) Universitas Madura dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Pamekasan.

Ratusan bibit tanaman keras jenis ketas dan jati dibagikan ke masyarakat yang melintas di lokasi aksi, Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

IMG 20210423 WA0006

Bibit pohon ketas dan jati tersebut merupakan hasil penyemaian dan pembibitan Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Provinsi Jatim Wilayah Sumenep.

Ketua Mahapala Unira Syaiful Jayadi menerangkan, peringatan Hari Bumi yang bertepatan dengan suasana Ramadhan, selain orasi berbagi takjil buka puasa dan gerakan penanaman kembali di dalam lingkungan dan di luar kampus.

Selain itu, masih kata Jayadi, peringatan kali ini juga melakukan edukasi kepada masyarakat luas tentang gerakan menanam pohon.

“Saya harap agenda kegiatan Hari Bumi kali ini akan meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat terhadap budaya menanam pohon di rumah,” ujar Jayadi saat ditemui di lokasi aksi. Kamis, (22/04/2021) sore.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat CDK , A. Katri Atmojo mengapresiasi kegiatan Hari Bumi 2021 yang dinahkodai Mahapala Unira tersebut.

Ia berharap rangkaian kegiatan yang digagas para mahasiwa itu akan menumbuhkan budaya baru masyarakat untuk melestarikan lingkungan sekitar.
“Gerakan menghijaukan bumi berbasis masyarakat dalam skala yang lebih luas akan menjadi gerakan global,” kata Atmojo.

IMG 20210423 WA0005

Peringatan Earth Day yang diperingati pertama kali pada 22 April 1970 itu, imbuh Atmojo, merupakan gerakan kesadaran lingkungan dalam menghadapi krisis iklim dan pemanasan global yang dapat mengancam kehidupan manusia dan mahluk lainnya.

Hari Bumi akan menjadi momentum untuk kembali menyamakan paradigma kesepahaman menjaga kelestarian bumi.

“Keberlangsungan lingkungan hidup dan menjaga hutan tetap lestari menjadi tanggungjawab bersama sehingga gerakan menghijaukan kembali bumi akan semakin efektif dan massif,” kata Atmojo. (idrus)

Categories: Nasional,Uncategorized