Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Diperingati Secara Virtual – El Jabar

Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Diperingati Secara Virtual

Sumedang,eljabar.com — Meskipun masih dalam situasi pandemi, namun tidak menyurutkan niat para santri  di Kabupaten Sumedang untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober.

Tentunya peringatan kali ini berbeda, pasalnya terdapat beberapa kegiatan yang akan digelar secara virtual dalam rangka mendukung Protokol Kesehatan.

Hal itu terungkap dalam audiensi antara Panitia HSN 2021 dengan Bupati H Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Jumat (1/10).

Dikatakan Aceng Muhyi selaku Ketua Panitia HSN, peringatan diisi dengan beberapa kegiatan yakni perlombaan melalui media sosial, Lomba “Ngalogat”, Lomba Potret Profil pesantren, dan Profil Sumedang dalam Perspektif Santri.

“Jadi dalam Lomba Potret Profil Pesantren ini, kita mengarahkan para santri untuk membuat video pendek tentang kekhasan yang dimiliki oleh pesantren-pesantren di Sumedang, bisa berbentuk video ataupun foto. Kegiatan ini ditujukan agar santri bisa lebih meningkatkan kreatifitasnya,” tuturnya.

Sedangkan Sumedang dalam Perspektif Santri, lanjutnya, dimaksudkan agar para santri mempunyai himmah atau ghirah untuk maju.

“Kebetulan Bupati Sumedang mantan santri juga. Jadi hal ini untuk memotivasi para santri untuk bisa sukses,” imbuhnya.

Dikatakan Aceng, kegiatan HSN kali ini melibatkan Media Center NU dibantu oleh Badan Otonom yang ada seperti IPNU, PPNU, Anshor, dan Fatayat.

“Waktu pelaksanaan akan dimulai dari tanggal 1 Oktober 2021 dengan puncak acara yakni tanggal 22 Oktober 2021,” ujarnya.

Aceng menerangkan, dalam kurun waktu tersebut akan dilaksanakan pula Safari Pesantren dalam rangka silaturahmi ke setiap pesantren, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Safari Pesantren ini bertujuan untuk bersilaturahmi ke setiap pesantren sekaligus untuk menyampaikan pesan-pesan dari Bupati mengenai penerapan Prokes di pesantren, serta untuk meneguhkan membali bahwa NU di masa pandemi tetap eksis,” terangnya.

Ditegaskan Aceng, jajaran PCNU tetap akan mengawal program-program pemerintah daerah berkaitan dengan sosialisasi PPKM, khususnya penerapannya dalam kegiatan HSN tersebut.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, peringatan HSN tersebut sudah menjadi acara kenegaraan karena kegiatan tersebut ada dalam SK Presiden RI.

“Untuk itulah kewajiban Pemerintah Daerah ikut bersama-sama mensukseskan peringatan HSN ini,” ucapnya.

Karena situasi masih dalam pandemi Covid 19, pihaknya mengimbau pelaksanaan HSN disesuaikan dengan protokol kesehatan namun tidak mengurangi makna dari pelaksaan HSN.

“Karena situasi masih pandemi, kegiatan HSN agar disesuaikan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya kita mengingatkan bahwa inilah Hari Santri yang harus kita peringati,” ucapnya.

Selain itu, menurut Bupati, peringatan HSN di masa pandemi tiada lain memotivasi seluruh santri untuk terus berkarya memberikan potensi yang terbaik untuk negara.

“Karena santripun memiliki hak dan kewajiban yang sama, serta sudah banyak santri-santri yang berhasil. Mudah-mudahan bisa termotivasi dari kegiatan HSN ini,” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional