Bupati Semua Kegiatan Apapun Sebagai Ruang Untuk Belajar – El Jabar

Bupati Semua Kegiatan Apapun Sebagai Ruang Untuk Belajar

Sumedang,eljabar.com — Bupati Dony Ahmad Munir berpesan kepada generasi Z Sumedang untuk menjadikan semua kegiatan apapun sebagai ruang untuk belajar.

Pesan tersebut disampaikan olehnya saat menjadi pembicara pada Webinar Series yang digelar oleh Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Kabupaten Sumedang dengan tema “Tantangan Generasi Z dalam Menjaga Pancasila”, Senin (1/10).

Menurut bupati, kegiatan webinar menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan kapasitas dan wawasan para Generasi Z di Kabupaten Sumedang.

“Webinar ini mengasah kemampuan intelektual Generasi Z. Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, terutama untuk mengaktualisasi potensi yang dimiliki. Jadikan semua kegiatan apapun untuk menjadi ruang untuk belajar,” katanya.

Bupati berharap GMPI yang beranggotakan para pelajar dan mahasiswa mampu meningkatkan kapasitas diri yang dilakukan secara sistematis sehingga memiliki keahlian khusus dan karakter yang mampu bersaing.

“Diharapkan Generasi Z bisa meningkatkan kapasitas anggotanya di era global ini dengan memanfaatkan teknologi informasi, mampu berkomunikasi dengan baik, lebih mandiri, memiliki sikap toleransi, dan punya keyakinan kuat dalam melakukan perubahan,” ujar Bupati.

Sehubungan dengan tema webinar yakni “Tantangan Generasi Z dalam Menjaga Pancasila”, Bupati mengingatkan Generasi Z akan empat konsensus dalam berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang semuanya tidak bisa dipisahkan.

“Tentunya generasi Z harus menjadi garda depan mengawal nilai-nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dengan dimulai dari diri sendiri sebagai upaya menjaga Pancasila,” imbuhnya.

Ketua Genre Kabupaten Sumedang Idik Hidayat menyebutkan, kegiatan tersebut diharapkan mampu menjaga kolaborasi antar Generasi Z.

“Selain sebagai sarana kolaborasi antar sesama Generasi Z, kegiatan ini diharapkan bisa membangun generasi remaja yang lebih cerdas lagi ke depannya,” ujar Idik.

Sedangkan Ketua GMPI Sumedang Tedy Marliyadi Nurwan menyebutkan, kegiatan webinar dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

“Banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama di era pandemi seperti ini. GMPI harus menjadi solusi dalam membentuk generasi penerus yang berkarakter, memiliki keunggulan serta memiliki ide dan gagasan,” ungkap Tedy.

Tedy menambahkan, kegiatan sepertiitu akan terus berlanjut dengan menciptakan kegiatan lainnya yang bermanfaat.

“Kami akan terus mewadahi para Generasi Z dalam beretika dan berkarakter. Oleh karena itu, GMPI Kabupaten Sumedang akan terus melakukan kegiatan seperti ini dan berperan aktif bagi generasi muda¬† meskipun di masa pandemi ini, ” uhatnya.

Tampak hadir narasumber webinar lainnya yakni Ketua umum PP GMPI Dr. H. Ahmad Baidowi dan Kepala BNN Kabupaten Sumedang AKBP Hery Sudrajat.(abas)

Categories: Regional