Hasilnya Memuaskan, Dansektor 21 Citarum Harum Panen Raya Padi yang Gunakan Bios 44 - El Jabar

Hasilnya Memuaskan, Dansektor 21 Citarum Harum Panen Raya Padi yang Gunakan Bios 44

KAB BANDUNG, eljabar.com — Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat melakukan panen raya padi yang menggunakan Bios 44 DC di Blok Sekeawi RW. 14 Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Senin (02/11/2020).

Lahan yang digunakan merupakan lahan tanaman padi warga setempat yang menjadi demplot Bios 44 DC, lahan yang dipanen sendiri seluas lebih kurang 3.500 meter dengan masa tanam sekitar 90 hari. Dan penggunaan Bios 44 DC ini dapat mengaktifkan kembali unsur hara pada tanah.

Pada masa tanam sebelumnya, hasil panen yang didapat ditempat tersebut sebanyak 900 kg, tetapi panen saat ini setelah menggunakan Bios 44 DC diperkirakan akan meningkat hingga ratusan kilogram.

Usai sambutan selamat datang dari Kepala Desa Sukamukti Agus Tajudin, Staf Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Dansektor 21 bersama rombongan memanen padi secara simbolis.

Usai melaksanakan panen, Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat mengatakan, “Hari ini Sektor 21 melaksanakan panen padi perdana uji coba Bios 44 DC di Desa Sukamukti Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung,” katanya.

Dansektor 21 juga mengatakan dari luas tanah yang ditanam tersebut, terbagi menjadi dua yaitu lahan yang menggunakan Bios 44 DC dan lahan yang tidak menggunakan Bios.

“Dari awal penanamannya kami bedakan, dari 1.500 meter persegi menggunakan Bios 44 DC dan sekitar 2.000 meter persegi tidak menggunakan Bios. Hasil tadi kita bisa lihat ada perbedaan jumlah butiran padi (dalam satu batang padi) maupun bobot isinya. Namun untuk lebih akurat seberapa besar perbandingannya, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung sedang mengambil sample. Jadi, hasilnya nanti kita lihat di lapangan sebagai bahan evaluasi,” jelasnya.

“Mudah-mudahan hasilnya signifikan, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, terutama petani dan penggarap khususnya yang ada di Desa Sukamukti ini, umumnya diseluruh wilayah Kodam III/Siliwangi sesuai arahan Pangdam III/Siliwangi,” terang Yusep Sudrajat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Sukamukti Agus Tajudin mengatakan, panen raya hasil kerjasama Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 08 Ciranjeng dengan petani, dan atas nama pemerintah serta masyarakat Desa Sukamukti, kami merasa bangga dan senang dengan diadakannya uji coba menggunakan Bios 44 DC di Desa Sulamukti oleh Satgas Citarum Sektor 21.

“Mudah-mudahan dengan uji coba yang dilakukan diwilayah kami ini, perbandingan hasilnya signifikan. Kedepan bila ada kabar yang menggembirakan, kami selaku Pemerintah Desa Sukamukti berharap bisa didorong dan dibimbing oleh pemerintah dan Satgas Citarum Sektor 21 untuk menggunakan Bios 44 DC dengan subsidi, agar nilai ekonomi petani bisa meningkat,” ujarnya.

Selanjutnya, Sekretari Kecamatan Katapang Saimon menjelaskan, pihaknya mendukung penuh kegiatan TNI yang berada di Kecamatan Katapang. Kami support khususnya yang ada di Desa Sukamukti ini yang melakukan uji coba dengan menggunakan Bios 44 DC.

“Kami yakin dan percaya formula ini bisa meningkatkan hasil panen seperti yang dilakukan uji coba ditempat lain dengan hasil yang signifikan. Bila dilihat dari fisik hasil panen, butirannya sangat banyak dan rumpunnya juga beda dengan yang tidak menggunakan Bios 44 DC,” jelasnya.

Usai melaksanakan panen raya padi, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan poto bersama. Selama kegiatan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan M 3 yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan mengatur jarak serta cek suhu tubuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (**)

Categories: Regional