HJS ke-442: Rapatkan Barisan, paheuyeuk-heuyeuk leungeun, paantay-antay panangan Melawan Covid-19 - El Jabar

HJS ke-442: Rapatkan Barisan, paheuyeuk-heuyeuk leungeun, paantay-antay panangan Melawan Covid-19

SUMEDANG, eljabar.com — Bertepatan dengan hari pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar, saat ini kita juga memperingati Hari Jadi Sumedang ke-442 di tengah pandemic Covid-19. Tema HJS ke-442 saat ini adalah “Dengan Semangat Hari Jadi Sumedang ke-442, Kita Cegah Bersama Penyebaran Virus Corona (Covid-19) dan Mari Kita Bangkit Membangun Sumedang Simpati”.

Melalui tema HJS ke-442, marilah kita bersama-sama merapatkan barisan, paheuyeuk-heuyeuk leungeun, paantay-antay panangan melawan Covid-19 melalui cara mengikuti seluruh anjuran pemerintah untuk tetap di tinggal di rumah selama pemberlakuan PSBB, dan dalam situasi seperti ini hendaknya kita memiliki kepekaan sosial lebih terhadap warga di lingkungan tempat tinggal masing-masing, sehingga situasi ini dapat kita hadapi dan bersama-sama kembali membangun Kabupaten Sumedang.

Selanjutnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang menyampaikan siaran persnya, situasi dan kondisi terkait penyebaran Covid-19 pada Rabu, 22 April 2020 sampai dengan Pukul 16.00 WIB di Kabupaten Sumedang masih perlu diwaspadai.

Adapun perkembangan lengkapnya adalah sebagai berikut : – Positif COVID-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (SWAB) : 4 orang; PDP : 12 orang dari total 43 PDP yang 31 diantaranya telah pulang/selesai/sembuh; ODP : 87 orang dari total 830 ODP dimana 743 orang diantaranya telah selesai menjalani masa pemantauan; – Orang Dalam Risiko (ODR) : 7.225 orang; OTG : 36 orang.

ODR yang sebelumnya beristilah ODP Berisiko atas konsolidasi data para pemudik yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan Kepala Desa/Lurah), dibanding hasil kemarin, saat ini berdasarkan data hingga Pukul 15.00 WIB jumlah ODR mengalami sedikit kenaikan yaitu sebanyak 622 orang.

Hasil Rapid Test yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan sampai dengan tanggal 22 April 2020 adalah sebagai berikut : a. Selesai Rapid Test : 1.618 orang; b. Selesai Rapid Tes ulang : 85 orang. Jumlah total yang diduga terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test masih berjumlah 8 orang.

Selanjutnya, agar dipahami bersama bahwa pelaksanaan PSBB di Kabupaten Sumedang yang dimulai hari ini sampai 14 hari ke depan akan efektif apabila semua pihak sadar dan berdisiplin menerapkan seluruh aturan selama diberlakukannya PSBB, seperti tetap tinggal di rumah, memakai masker kain apabila terpaksa ke luar rumah, serta aturan-aturan lainnya yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19. (Abas)

Categories: Pemerintahan