IMB Belum Jelas, Satpol PP Pamekasan Sidak ke Sejumlah Bangunan – El Jabar

IMB Belum Jelas, Satpol PP Pamekasan Sidak ke Sejumlah Bangunan

PAMEKASAN, eljabar.com Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pamekasan melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi ke beberapa bangunan. Ini dilakukan untuk memeriksa dokumen perizinan atas bangunan-bangunan tersebut.

Seperti yang dilakukan ke salah satu bangunan milik PT. Djarum di Desa Tambung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, yang sedang dalam tahap pembangunan.

Kepala Satpol PP Pamekasan, Achmad Kusairi menerangkan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan agar para pemilik bangunan segera pengusaha mengurus tuntas syarat-syarat dan izin dalam mendirikan bangunan.

Persyaratan itu, kata Kusairi, sudah diatur dalam Perda No. 13 tahun 2015 tentang Bangunan Gedung dan Persturan Bupati Pamekasan No. 44 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

Berdasarkan ketentuan dalam peraturan tersebut maka masyarakat diharapkan melengkapi sejumlah syarat adminstratif dan syarat teknis sebelum mendirikan bangunan.

Apabila persyaratannya sudah lengkap kemudian diajukan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk diproses perizinannya setelah dinas teknis terkait dibuatkan Berita Acara Hasil Pemeriksaan Dokumen Rencana Teknis Tim Ahli Bangunan Gedung.

“Kalau sudah dokumen dan syarat-syaratnya lengkap baru IMB diterbitkan dan proses pembangunannya bisa dilaksanakan,” ujar Kusairi, Rabu (08/09/2021).

Kusaeri menambahkan bahwa di Pamekasan terdapat sekitar 200 pengusaha yang tidak memiliki IMB. Demi kelancaran aktivitas perusahaan, maka pihaknya tak henti-hentinya melakukan pendekatan secara persuasif agar mereka segera mengurus IMB ke DPMPTSP.

Namun begitu, Kusaeri mengaku tidak segan-segan untuk menertibkan bangunan-bangunan yang tidak memiliki IMB tersebut.

“IMB dapat diselesaikan hanya dalam waktu 30 hari terhitung sejak komitmen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup dan penilaian tim ahli bangunan yang sudah memiliki sertifikat keahlian sudah ada,” imbuhnya.

Bagi masyarakat yang ingin menyelesaikan IMB atau yang ingin mengajukan, menurut Kusaeri Pemkab Pamekasan telah menyediakan tempat pelayanan di Kantor Pemerintah Kabupaten Pamekasan di Jl. Jokotole dan Mall Pelayanan Publik di Jl. Raya Panglegur. (idrus)

Categories: Regional