Ingatkan Bahaya Corona, Polres Sumedang Berpatroli Pastikan Warga Tidak Bergerombol

SUMEDANG, eljabar.com — Polisi dalam hal ini Polres Sumedang memastikan tetap melakukan upaya pencegahan Corona dengan berpatroli mengurangi masyarakat yang bergerombol. Bahkan pihak kepolisian juga akan menindak masyarkat yang tidak mematuhi imbauan.

“Kita berjalan terus lakukan imbauan sesuai maklumat Pak Kapolri sudah turun, salah satunya kita kan memberikan imbauan ke masyarakat supaya sosial distancing, itu menjaga jarak kan, dan yang paling bagus adalah mereka sebaiknya di rumah,” kata Kapolres Sumedang AKBP. Dwi Indra Laksmaana, S.I.K., M.Si saat memimpin patroli skala besar diwilayah Kec. Jatinangor, Kec. Cimanggung dan Kec. Pamulihan Kab. Sumedang, Sabtu (28/03/2020) malam.

Kapolres membenarkan jika gerombolan pada malam hari masih ada di beberapa tempat, namun dia memastikan jumlah itu sudah sangat berkurang. Dia juga menyebut pihaknya selalu mengingatkan terlebih dahulu untuk kembali ke rumah.

“Ya masih ada tapi sudah mulai berkurang, sudah sangat berkurang, tadi malam contohnya enggak terlalu ramai, tapi tetep ada, makanya kita harus pelan pelan terus, sabar sampaikan ke masyarakat, kita ingatkan imbauan,” ucap kapolres

Dwi Indra juga menegaskan pihak aparat juga bisa menindak dengan hukum jika ada masyarakat yang menolak untuk bubar. Namun menuruntya sejauh ini belum ada perlawan dari masyarakat ketika diminta untuk kembali ke rumah.

“Penegakan hukum memang ada, kita sambangi datangi mereka kita sampaikan, preventif itu patroli ditingkatkan, penegakan hukum, memang betul ada penegakan hukum apakah ada pasalnya? Ada pasal 212, 216, 218 KUHP, isinya itu kalau misal kita memberi imbauan ke mereka terus mereka melawan petugas, dia pukul petugas, ya dikenakan pasal itu,” ujarnya.

Kegiatan Patroli Skala Besar, Kapolres Sumedang dan rombongan memberikan himbauan bahayanya Virus Covid-19, dan karena itu kepada asyarakat untuk tidak berkerumun dan yetap berada dirumah.

Kegiatan dilaksanakan oleh gabungan Polri, Unsur TNI dan Satpol PP, Rute dan sasaran kegiatan tersebut yaitu meliputi : Patroli dimulai Kantor Kec. Jatinangor – Jln. Ir. Soekarno – Depan Jatos – Depan Sabusu – Depan Kampus ITB – Depan Kampus Unpad – kembali jl ry Ir. Soekarno – Depan IPDN – Cibeusi – Cileunyi – Cipacing – Jl. Raya Rancaekek- Parakan muncang Kec. Cimanggung – Simpang Kec. Pamulihan.

Patroli tersebut menyasar titik kumpul lokasi/tempat keramaian warga masyarakat dengan memberikan Himbauan tentang bahayanya penyebaran wabah virus Covid 19 sehingga diarahkan untuk tidak melakukan kerumunan massa dan kembali ke rumah masing-masing, tidak melakukan aktivitas diluar rumah dan melakukan social Distancing. (Abas)

Advertisement

Categories: TNI / POLRI