Inspektorat Harus Memiliki Kinerja Yang Lebih Dari SKPD Lainnya – El Jabar

Inspektorat Harus Memiliki Kinerja Yang Lebih Dari SKPD Lainnya

Sumedang, eljabar. Com — Inpektorat harus menjadi konsultan yang juga mampu menorehkan prestasi dan menjadi institusi terdepan di Kabupaten Sumedang dalam berkinerja.

Harapan itu diungkapkan Sekretaris Daerah Herman Suryatman saat memimpin apel pagi di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sumedang, Selasa (4/22).

“Sebagai katalis dan konsultan seluruh perangkat daerah, Inspektorat harus memiliki kinerja yang lebih dari SKPD lainnya. Memasuki 2022, dituntut mampu meraih prestasi lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Dijelaskan Sekda, Kabupaten Sumedang sudah meraih banyak prestasi di nasional maupun provinsi, diantaranya SPBE Kabupaten Sumedang terbaik di Indonesia.
“Dalam pelaksanaan Sistem Merit di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang meraih Kategori ‘Sangat Baik’ dengan nilai 328,5. Ini harusnya menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi,” imbuhnya.

Ditambahkan Sekda, MCP (Monitoring Center of Prevention) Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meraih peringkat ke-2 di Kabupaten/Kota.

“Tahun 2022 Inspektorat Sumedang harus
berkomitmen menargetkan peringkat ke-1 untuk Kabupaten/Kota, bahkan bisa menjadi yang terbaik di Indonesia, ” tegasnya.

Sekda berharap Inspektorat dapat mempersiapkan tim khusus dengan membuat ‘timeline’ dan rencana aksi kerja untuk mewujudkan target tersebut.

“Termasuk dalam Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di tahun 2022 turut ditingkatkan dari Level 3 menjadi Level 4,” jelasnya.

Terakhir Sekda mengingatkan, segala torehan prestasi yang diukir berangkat dari mimpi-mimpi yang besar. Oleh karena itu, jangan pernah remehkan kekuatan impian.

“Langkah pertama untuk mencetak prestasi yaitu menciptakan dalam pikiran bahwa kita bisa mewujudkan mimpi kita. Oleh karena itu, Inspektorat harus bermimpi bisa mengentaskan kemiskinan serta mensejahterakan masyarakat dan berusaha mewujudkannya,” katanya.(abas)

Categories: Pemerintahan