Jadwal Peresmian Bendungan Tugu Masih Tentatif, 900 Personil Pengamanan Tetap Disiagakan – El Jabar

Jadwal Peresmian Bendungan Tugu Masih Tentatif, 900 Personil Pengamanan Tetap Disiagakan

TRENGGALEK, eljabar.com — Rencana jadwal peresmian Bendungan Tugu kembali berubah, yaitu pada hari Selasa (30/11/2021).

Kabar ini santer terdengar dan beredar luas di masyarakat. Sebelumnya, proyek strategis nasional bidang ketahanan air dan pangan itu akan diresmikan pada 25 November 2021.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan sesuai info terbaru yang ia terima, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Trenggalek pada 30 November 2021, besok lusa.

Saat ini Pemkab Trenggalek bersama pihak terkait tengah mempersiapkan kedatangan kepala negara. Sebanyak 900 personil dari TNI dan Polri telah disiagakan dalam rangka pengamanan kunjungan dan kelancaran proses peresmian Bendungan Tugu.

Hal ini diungkap Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wijatputera yang mengatakan bahwa pihaknya telah memetakan jalur yang akan menjadi rute kepala negara menuju lokasi persemian Bendungan Tugu.

Ia menambahkan, sejumlah lokasi strategis termasuk tempat pendaratan helikopter kepala negara dan rombongan juga telah dilakukan penyisiran.

“Kami bersama rekan-rekan TNI mempersiapkan keamanan saat kedatangan Presiden pada 30 November nanti,” tegas Dwi.

Sebanyak 900 personil disiagakan di titik-titik tertentu demi keamanan dan kelancaran acara itu.

“Untuk pengamanan kami menyiapkan 900 personil TNI-Polri di sepanjang jalan menuju lokasi,” imbuhnya.

Dwi juaga mengaku bahwa seluruh rute perjalanan dan lokasi pengamanan telah dicek dan dievaluasi.

Informasi kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan Bendungan Tugu besok lusa, telah santer terdengar. Internal kontraktor pelaksana pembangunan bendungan itu juga menginformasikan jadwal peresmian itu sejak 3 hari lalu.

“Tanggal 30 Novembee 2021,” bunyi pesan pendek yang diterima eljabar.com dari internal kontraktor pembangunan Bendungan Tugu, Jum’at (25/11/2021).

Sedangkan PPK Bendungan III BBWS Brantas, Yuda Tantra Ahmadi enggan berspekulasi terkait jadwal persemian bendungan tersebut. Hingga saat ini, pihaknya mengaku belum menerima informasi tersebut.

“Kami belum bisa memastikan, karena masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat, namun bendungan ini telah siap jika sewaktu-waktu akan diresmikan,” ujar Yuda, Jum’at (25/11/2021), sore.

Ketika dihubungi Sabtu (27/11/2021), kemarin, Yuda belum menjawab apakah jadwal peresmian Bendungan Tugu akan dilaksanakan sesuai kabar yang santer di masyarakat, yaitu pada hari Selasa 30 November 2021.

Meski begitu, seperti diterangkan Yuda sebelumnya, pihaknya sampai saat ini belum bisa memastikan jadwal kunjungan Presiden ke Trenggalek. Pasalnya, jadwal yang diterima dari Sekretariat Negara, menurut Yuda masih bersifat tentatif atau bisa brubah-ubah.

Yang jelas, pekerjaan inti Bendungan Tugu hanya menyisakan pekerjaan perapihan di lereng spill way dan tidak akan mengganggu pelaksanaan prosesi peresmian dalam waktu dekat.

“Bendungan Tugu telah siap secara keseluruhan untuk diresmikan,” pungkas Yuda. (*wn)

 

Categories: Nasional