Jalan Penghubung 2 Dusun dan Akses ke Kantor Kecamatan Cibugel Sudah Lama Dibiarkan Rusak – El Jabar

Jalan Penghubung 2 Dusun dan Akses ke Kantor Kecamatan Cibugel Sudah Lama Dibiarkan Rusak

SUMEDANG.eljabar.com —  Sejumlah warga Dusun Cibubut Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel mengeluhkan terkait satu satunya akses jalan mereka ke kantor kecamatan maupun ke Sumedang Kota rusak parah. Jalan sepanjang 3 kilo meter tersebut yang menghubungkan Dusun Cibubut, ke Dusun Cisoka dan akses ke kantor kecamatan Cibugel sudah lama dibiarkan rusak.

Dede Sopian misalnya, warga RT 02 RW 03 Dusun Cibubut Desa Jayamekar itu mengaku kesal dengan kondisi jalan yang tinggal bebatuan dan tanah merah. Hampir tak ada aspal yang menempel di jalan itu. Kondisinya diperparah dengan tanjakan terjal dan luas jalan sempit.

“Jangankan oleh kendaraan roda empat, oleh motor juga sulit dilalui. Karena tanjakannya terjal dan berbatu. Memang ini jalan perkampungan terpelosok, tapi sebetulnya jika ini diperbaiki, akan tembus ke Cisoka dan Margawindu yang bisa keluar lewat Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan,” ujarnya.

Dede menambahkan mayoritas penduduk di sini bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang gorengan di kota kota besar. Selain menghambat pertumbuhan ekonomi karena hasil panen sulit diangkut ke kota, juga menyulitkan orang yang bepergian keluar Cibugel.

“Satu satunya akses ke kota, ke sekolah, ke pasar, ke kecamatan, Polsek, ya lewat sini. Kalau rusak begini jelas menyulitkan warga,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Cibugel IPTU Ucu Abdurahman membenarkan jika akses jalan ke Desa Jayamekar memang rusak. Namun menurutnya, akan dianggarkan pada April tahun ini.

“Menurut informasi hasil musren memang akan dianggarkan April ini. Tapi itu harus ke pak Camat wawancaranya,” ujarnya.(abas)

Categories: Regional