Jelang Musim Hujan, Sedimen dan Sampah di Kaki Jembatan Gurem Dibersihkan DPUPR Pamekasan – El Jabar

Jelang Musim Hujan, Sedimen dan Sampah di Kaki Jembatan Gurem Dibersihkan DPUPR Pamekasan

PAMEKASAN, eljabar.com – Jelang musim penghujan tiba Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pamekasan melakukan kegiatan normalisasi sejumlah sungai di wilayah setempat.

Seperti terlihat dari pantauan eljabar.com kegiatan tersebut dilaksanakan di bawah Jembatan Gurem, Kecamatan Pamekasan Kota.

Sedimentasi setebal 3 meter di sungai tersebut dikeruk menggunakan alat berat (beckhoe), mulai dari sisi timur jembatan, Selasa (05/10/2021).

Sampah yang juga menumpuk di kaki jembatan yang dibangun tahun 1980 itu juga tak luput untuk dikeruk dan diangkut menggunakan dump truk pengangkut sampah.

Pejabat Pelaksa Teknis Kegiatan dari DPUPR Pamekasan Mudaffar menjelaskan, kegiatan yang dilakukan pihaknya itu bertujuan untuk menormalkan aliran sungai yang berada di tengah kota Pamekasan.

Hal ini, ujar Mudaffar, sebagai antisipasi mencegah terjadinya luapan air yang meningkat saat intensitas hujan tinggi. Pengerukan sedimen dan sampah di kaki Jembatan Gurem telah mempersempit penampang sungai dan menahan aliran air.

“Jika debit aliran sungai meningkat sementara alirannya tersendat oleh tumpukan sampah dan sedimen, itu akan berpotensi menimbulkan luapan,” ujarnya.

Selain rutin akan membersihkan sedimen dan sampah di sungai setempat, pihaknya juga akan terus mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Kegiatan normalisasi itu, sambungnya, akan diselesaikan sampai kondisi sekitar kaki Jembatan Gurem dan lokasi lainnya, benar-benar bersih. (idrus)

Categories: Nasional