Peserta MTQ se-Jatim Wajib Membawa Sertifikat Vaksin Saat Pelaksanaan – El Jabar

Peserta MTQ se-Jatim Wajib Membawa Sertifikat Vaksin Saat Pelaksanaan

PAMEKASAN,eljabar.com – Pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Jatim akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada saat maupun pasca pagelaran tahunan tersebut berlangsung.

Hal tersebut dipaparkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan Achmad Marzuki di hadapan forum rapat OPD terkait di Peringgitan Mandhapa Aghung Ronggosukowati.

Marzuki menuturkan bahwa peserta MTQ yang berasal dari seluruh daerah di Jatim wajib menunjukkan surat vaksin kepada Panitia Pelaksana MTQ di Pamekasan.

Sementara, ujar Marzuki lebih lanjut, bagi peserta dan official yang sedang sakit atau berhalagan, dapat menunjukkan surat keterangan dari dokter.
Sedangkan bagi yang memiliki riwayat penyakit lain seperti ispa, batuk, pilek dan sakot lainnya akan dilakukan screening terlebih dahulu.

“Berdasarkan hasil screening itu maka akan ditentukan apakah peserta yang sakit harus diisolasi atau penanganan medis lainnya,” urai Marzuki, Senin (05/10/2021).

Menurut Marzuki, pihaknya akan memperkatat prokes, mulai tempat pelaksanaan lomba hingga tempat penginapan kafilah dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin. Bahkan, setiap tiga hari sekali peserta akan dites swab antigen.

Sebelum mereka pulang juga akan dilakukan tes swab antigen untuk memastikan mereka tidak membawa Covid-19 dari Pamekasan,” pungkasnya. (idrus)

Categories: Nasional