Kabupaten Sumedang Kembali Meraih Penghargaan “Natamukti” 2021 – El Jabar

Kabupaten Sumedang Kembali Meraih Penghargaan “Natamukti” 2021

Sumedang,eljabar.com —  Kabupaten Sumedang di bawah kepempinan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati H Erwan Setiawan kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih penghargaan “Natamukti” pada ajang “Natamukti Award 2021” yang digelar secara virtual, Kamis (9/12).

Ajang penghargaan tersebut digelar oleh Indonesia Council for Small Buniness (ICSB) bersama Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI sejak Tahun 2016 sebagai apresiasi kepada Kota dan Kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing dimasa Pandemi Covid-19.

Setelah melalui proses seleksi serta penjurian yang melibatkan akademisi, peneliti dan praktisi penggerak UMKM serta proses validasi akhir bersama dengan Tim Kementerian KUKM, Kabupaten Sumedang bersama 22 Kabupaten lainnya di Indonesia berhak mendapatkan penghargaan “Natamukti”.

Dikatakan Bupati Dony Ahmad Munir, Pemrintah Kabupaten Sumedang dinilai telah berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM.

“Pemerintah Kabupaten Sumedang berinisiatif dalam memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis sumber daya lokal, pelatihan kewirausahaan produktif serta pelatihan peningkatan kapasitas kewirausahaan sehingga terpilih mendapatkan apresiasi,” ujar Bupati yang mengikuti acara lewat zoom meeting dari Gedung Negara.
Bupati menambahkan, Sumedang juga dipandang mampu membangun ekosistem digital bagi UMKM untuk sehingga UMKM terus bisa berlangsung, berlanjut dan berkembang meskipun di saat pandemi Covid-19.

“Kita dipandang berhasil mengembangkan UMKM menjadi UMKM yang unggul dan bisnisnya bisa terus berlangsung dengan  dalam situasi yang tidak menguntungkan,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, penghargaan Natamukti menjadi inspirasi bagi Pemerintah Sumedang untuk terus memperhatikan keberlangsungan UMKM di Sumedang.

“Harapan saya UMKM di Sumedang  ekosistem digitalnya betul-betul dibangun. Para pelaku UMKM maju terus, Pemerintah Kabupaten Sumedang ada di belakang anda,” katanya.

Sekretaris Menteri KUKM Arif Rahman Hakim dalam sambutannya mengapresiasi upaya yang dilakukan ICSB yang selalu memotivasi pada semua pihak dalam memberdayakan UKM.

“Terutama memotivasi para kepala daerah untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada usaha mikro, kecil dan menengah,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi kepada para penerima penghargaan yang terpilih sebagai kabupaten/kota yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerahnya.

“Semoga upaya yang dilakukan selama ini mampu mendorong pertumbuhan UMKM dan menginspirasi daerah lain untuk lebih mengembangkan potensi lokal di daerahnya,” tuturnya.

Ia juga mengajak semua yang hadir agar dapat menciptakan kewirausahaan dalam suatu ekosistem, meningkatkan nilai tambah dengan inovasi, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan konsumsi produk atau jasa buatan dalam negeri.

“Apa yang sudah diupayakan pimpinan daerah ini bisa didokumentasikan dengan baik sebagai media pembelajaran untuk daerah yang lainnya. Apa yang sudah berjalan dengan baik bisa semakin berkembang diseluruh wilayah Indonesia,” katanya.(abas)

Categories: Pemerintahan