Kasrem 062/Tn Pimpin Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama - El Jabar

Kasrem 062/Tn Pimpin Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

GARUT,eljabar.com —  Kasrem 062/Tn Letnan Kolonel Arm Wahyu Jatmiko, S.Sos.,
M.M pimpin kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama Korem 062/Tn semester I TA. 2021, bertempat di Aula Purnawarman Makorem 062/Tn Jln Bratayudha no.65, Selasa 30/03/2021.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Danrem 062/Tn yang dibacakan oleh Kasrem 062/Tn menyampaikan, saya selaku pimpinan Korem 062/Tn maupun pribadi mengucapkan selamat datang di Makorem 062/Tn, terima kasih atas kesediaannya untuk hadir memenuhi undangan ini.

Saya berharap hadir dan bertemunya kita disini dapat menjadi media bagi kita untuk lebih meningkatkan ikatan kebersamaan di antara kita, sehingga kita dapat bersama-sama membangun bangsa sesuai dengan peran dan tugas yang kita emban masing-masing.

Dengan dilaksanakannya acara pembinaan kerukunan umat beragama ini, agar para Prajurit TNI, keluarga besar TNI (KBT), tokoh agama dan tokoh pemuda benar-benar memahami tentang arti toleransi umat beragama di mana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan masing-masing dan bekerjasama dengan perbedaan serta keyakinan agama yang kita anut.

Dalam UUD 1945 Bab XA tentang hak asasi manusia pasal 28 E ayat (2) berbunyi : Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nurani. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain untuk menganut agama. Untuk itu, seluruh warga negara wajib saling menghargai, menghormati dan bertoleransi, menjaga kerukunan umat beragama.

Tema yang diangkat pada acara pembinaan kerukunan umat beragama kali ini, yaitu : “Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa”.

Bangsa Indonesia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa yang majemuk atas dasar suku, budaya, ras dan agama dengan memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika. Anugrah tersebut patut kita
syukuri dengan cara menghargai, memupuk dan mengembangkan sikap toleransi diantara sesama warga bangsa untuk bersama-sama menjaga, memelihara dan mempertahankan persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

Di lanjutkan pemberian materi dari tokoh agama islam tentang kerukunan antar umat bergama olèh H. Apid Apidin, S.Ag. M.Ag. dan pokok pembahasan pengertian trilogi kerukunan umat bergama, macam macam kerukunan umat di Indonesia, perlunya kerukunan hidup bergama dengan pemerintah dan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah ukhuwah wathoniya oleh Serka GP. Sasmita, S.Ag.

Hadir pada acara tersebut diantaranya para Kasi Korem 062/Tn,
keluarga besar TNI, tokoh agama, tokoh pemuda dan peserta acara pembinaan kerukunan umat bergama Korem 062/Tn.(Abas)

Categories: TNI / POLRI