Kelompok Tani Dan Ternak Kecamatan Wado dan Darmaraja Terima Bantuan Bibit Dari Bupati – El Jabar

Kelompok Tani Dan Ternak Kecamatan Wado dan Darmaraja Terima Bantuan Bibit Dari Bupati

Sumedang, eljabar. Com — Program pemberian bantuan benih ikan, bibit ternak, pakan berikut peralatan beternak kepada para kelompok tani dan ternak dilakukan dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

Hal itu dinyatakan saat Bupati Dony Ahmad Munir saat menyerahkan secara simbolis berbagai bantuan tersebut kepada para kelompok tani dan ternak di
di Kecamatan Wado dan Darmaraja, Selasa (12/10), bertempat di Dusun Cialang-alang Desa Mulyajaya Kecamatan Wado.

“Ini merupakan langkah konkrit pemerintah sehingga betul-betul bisa mengatasi persoalan ekonomi di para petani dalam rangka pemulihan ekonomi daerah,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, dengan dibagikannya bantuan kepada para peternak sapi, itik dan ikan tersebut, diharapkan mereka bisa terus melangsungkan usahanya di tengah-tengah Pandemi Covid-19.

“Saya berharap bantuan bibit ternak  sekaligus pakannya ini bisa meningkatkan pendapatan para petani serta peternak di daerah dan juga menciptakan lapangan pekerjaan,” harapnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Nandang Suparman dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan permodalan para peternak sehinga usaha mereka menjadi lebih efisien dalam penggunaan sumber daya peternakan yang ada.

“Tujuannya ialah meningkatkan pendapatan dan perluasan kesempatan kerja di pedesaan, khususnya kepada kelompok peternak,” ujarnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan menjadi kesempatan para peternak untuk melangkah ke depan menuju ke tahap kehidupan yang lebih baik.

“Lebih jauh dapat memberikan kontribisi positif terhadap perekonomian Sumedang sehingga ketergantungan Kabupaten Sumedang tehadap hasil produksi peternakan dan perikanan daerah lain dapat dikurangi,” katanya.

Nandang melaporkan bawa Kelompok Tani yang mendapat bantuan diantaranya Kelompok Tani ‘Alam’ Desa Mulyajaya Kecamatan Wado berupa 330 ekor itik petelur dan 2.150 Kg pakan konsentrat,  Kelompok Tani ‘Cimanuk’ Desa Cisurat Kecamatan Wado 330 ekor itik petelur dan 2.150 Kg pakan konsentrat, Kelompok Tani ‘Sri Mukti’ Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja 330 ekor itik petelur dan 2.150 Kg pakan konsentrat dan Kelompok Ternak ‘Medar Sejahtera’ Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja 9 ekor sapi PO betina.

“Bantuan perikanan diberikan kepada Kelompok ‘Tegal Saluyu’ Desa Wado berupa induk lele 2 paket, pakan induk 600 Kg dan perlengkapan pendukung lainnya, Kelompok ‘Bule Jaya’ Desa Cisurat Kecamatan Wado Berupa 3 paket induk ikan nila, pakan induk 600 Kg dan perlengkapan pendukung, Kelompok ‘Sindangkerta’ Desa Karang Pakuan Kecamatan Darmaraja 10.110 ekor benih lele, pakan benih 700 Kg dan perlengkapan pendukung, Kelompok ‘Mina Demang’ Pakuan Desa Karang Pakuan Kecamatan Darmaraja berupa Presto 3 buah, 3 unit kompor dan 3 unit tabung gas, Kelompok KUbe ‘Berkah Nila’ Desa Taruna Jaya Kecamatan Darmaraja berupa Jaring Bentang 19 unit, rompi pelampung 5 buah dan senter 5 buah,” terangnya.

Pada Kesempatan ini pula diberikan bantuan hibah tahap pertama bibit ikan kepada dua pondok pesantren di Kecamatan Wado.

“Kedua pesantren tersebut yakni Pondok Pesantren Riyadhul Mutaalimin Desa Ganjaresik dan Pondok Pesantren Raudlatud Dawamiyyah Desa Mulyajaya.
Masing-masing mendapatkan 5.000 bibit ikan,” ujarnya.(abas)

Categories: Regional