Kepadatan Kendaraan Bermotor Di Wilayah Kota Depok Jadi Aspirasi Warga Depok - El Jabar

Kepadatan Kendaraan Bermotor Di Wilayah Kota Depok Jadi Aspirasi Warga Depok

DEPOK, eljabar.com,—  Perwakilan Warga Kota Depok meminta  untuk dapat dilakukan pembagunan pelabaran jalan dan dibangunkan underpass di Jalan Dewi Sartikan.  Hal ini mengingat tingkat kepadatan kendaraan bermotor di wilayah kota Depok sudah cukup tinggi, sehingga sering terjadi kemacaten setiap hari.

Permohonan perwakilan warga kota Depok ini, disampaikan kepada anggota DPRD Jabar H.M.Hasbullah Rahmat, SPd, M.Hum saat melaksanakan kegiatan Reses I tahun sidang 2020-2021 di RW 06 Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo, Kota Depok, Senin (09/11/2020).

Selain itu, warga juga minta agar Pemerintah provinsi dapat membangunkan Rusunawa ( Rumah Susun Sederhana Sewa), Pembangunan Rumah sakit dan Pembangunan SMA/SMK yang merupakan kewenangan provinsi.

Menanggapi aspirasi Warga Kota Depok, Hassbullah Rahmat  dari Dapil Jabar VIII (kota Depok-kota Bekasi) ini mengatakan, terkait aspirasi yang disampaikan warga Depok , yaitu tentang pelebaran jalan dan pembangunan underpass Dewi Sartika, sangat wajar. Hal ini mengingat tingkat kepadatan kendaraan di Kota depok memang sudah cukup padat.

Adapun terkait pelebaran jalan, tentunya kita lihat dulu, apakah status jalan tersebut jalan Nasional, Jalan Provinsi atau jalan Kota.   Kalau status jalan yang diminta untuk dilakukan pelebaran itu Jalan provinsi, tentunya, akan langsung kita bawa ke Dewan dan dibacarakan dengan Dinas BMa-PR Jabar. Tetapi kalau status jalnya milik Kota Depok, tentunya akan kita dorong , agar dapat anggaran dalam bentuk Bantuan Keuangan Provinsi untuk kota Depok, jelasnya.

Sedangkan terkait pembangunan Underpass Dewi Sartika, Hasbullah mengatakan bahwa pembangunan underpass Dewi Sartika seharusya dapat dituntaskan di tahun 2020 ini, namun, karena pandemi covid-19, sehingga pembanunannya tertunda. Dan akan dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang, jelasnya.

Sebagai wakil rakyat dari Dapil kota Depok, Hasbullah yang kini duduk di Komisi IV DPRD Jabar, menjelaskan beberapa program -program Provinsi Jawa Barat yang teralisasi di Kota Depok diantaranya pelebaran jalan dengan status jalan provinsi.

Kita juga akan melanjutkan pembangunan underpass Dewi Sartika, dan juga akan kembali membangun Rusunawa. Bahkan Pemprov Jabar juga telah membangun rumah sakit.

DPRD Jabar juga mendorong dan pemprov Jabar dan telah menyetujui aggaran untuk penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) dan ada juga untuk pembangunan gedung SMA/SMK Negeri untuk di Kota Depok ini, jelas politisi PAN Jabar ini.

Dalam kesempatan tersebut, Hasbullah juga menyoroti soal banjir, menurutnya, sering meluapnya air dari kali Pesanggarahan karena disebabkan ulah pengembang yang membabab habis Garis Bibis Sungali/ kali Pesanggarahan.

Terkait aspirasi warga tentang Kali Pesanggarahan yang sering meluap dan penyebab Banjir, Hasbullah mengatakan, akan ditindak lanjuti bersama Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Karena masalah sungai ini berbeda kewenanganya

Dihadapan perwakilan warga yang menghadiri kegiatan Reses, Hasbullah mengatakan, semua aspirasi yang disampaikan sudah saya catat dan akan ditindak lanjuti di DPRD dan dibahas bersama pemprov Jabar untuk diperjuangkan agar aspirasi yag disampaikan dapat direalisasikan, sebagaimana harapan masyarakat Depok dan pemerintah setempat, ujarnya.

Selama kegiatan reses berlangsung, penerapan protokol kesehatan 3M diberlakukan cukup ketat, dan sebelum mengakhiri kegiatannya, Hasbullah membagi masker kepada warga kec. Limo. Ia pun mengingatkan warga untuk selalu menjaga 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). (hms/red)

Categories: Pemerintahan