Bupati Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan ke-75 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2020 - El Jabar

Bupati Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan ke-75 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2020

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan ke-75 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2020, bertempat di Lapang Upacara IPP, Selasa (10/11/2020).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Komandan Upacara, Pembaca Teks Pancasila, Pembukaan UUD 45, dan Pesan- Pesan Pahlawan dari Unsur Kodim 0610. Sementara petugas pengibar Bendera dari Paskibra Kabupaten Sumedang, Korsik dari Gita Swara Tandang, dan Pembaca Doa Kementrian Agama Kabupaten Sumedang.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, unsur Forkopimda beserta tamu undangan lainnya. Adapun peserta upacara terdiri dari pejabat dan pegawai di lingkungan IPP.

Upacara peringatan tahun ini sedikit berbeda karena berlangsung di tengah-tengah pandemi sehingga mewajibkan seluruh peserta upacara mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Sumedang dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara yang mana isinya antara lain mengajak bersyukur atas masih bisa digelarnya upacara di seluruh pelosok tanah air dan perwakilan di luar negeri meski dalam masa pandemi.

“Kita bersyukur masih dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati hari pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi Covid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan,” ucap Mensos.

Ia mengatakan, pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa.

“Sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat mengispirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” katanya.

Oleh karena itu, meskipun dalam masa pandemi Covid, peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

“Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Mensos.

Menteri megajak agar nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah dan gotong royong terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat indonesia.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para penderi negeri,” ajaknya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini,” imbau Mensos.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H Dony Ahmad Munir  juga menambahkan dalam sambutannya agar semangat dan nilai-nilai kepahlawanan agar diimplementasikan dalam kehidupan berpemerintahan, bermasyarakat dan bernegara.

“Nilai tersebut diantaranya¬† semangat rela berkorban dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Rela berkorban sedikit untuk mengurangi kenyamanan kita dalam menjalankan aktivitas dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan,” kata bupati.

Ia menambahkan, semangat mengabdi para pahlawan untuk dipedomani para penerus, termasuk oleh para aparat .

“Kepada para aparatur negara mari kita curahkan tenaga dan pikiran kita dalam mengisi kemerdekaan ini dengan semangat para pahlawan untuk terus meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat dengan semangat membangun Kabupaten Sumedang dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sumedang,” ujarnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan