Lagi dan Lagi Sumedang Jadi Lokasi Studi Banding – El Jabar

Lagi dan Lagi Sumedang Jadi Lokasi Studi Banding

Sumedang, eljabar. Com — Kunjungan pemerintah kabupaten/kota/provinsi/lembaga, termasuk Kementerian ke Sumedang ‘tak terbendung’. Tercatat dalam setahun sudah ada 43 kunjungan dimana rata-rata bertujuan untuk studi komparatif.

Sebagaimana yang dilakukan Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih. Ia beserta rombongannya hadir di Sumedang untuk belajar langsung dari Sumedang atas capaian yang diraih.

Hj. Ade mengatakan, dirinya tidak salah pilih dengan menjadikan Sumedang sebagai tempat studi komparatif.

“Kami merasa bersyukur sudah disuguhi ilmu yang sangat luar biasa. Tentu ilmu yang kami dapat akan diterapkan di Kota Banjar,” ucapnya saat di temui di Ball Room Asia Plaza, Kamis (6/1).

Menurutnya, hasil dari studi tiru tersebut akan ditindaklanjuti jajaran Pemerintahan   Kota Banjar.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan lompatan-lompatan dan dalam kurun waktu dua tahun kami sudah mengejar Sumedang,” ujarnya.

Diakuai olehnya, dibandingkan dengan Kabupaten Sumedang, Kota Banjar masih banyak tertinggal.

“Kita memang berkompetisi, tetapi saling mengisi antar daerah. Karena “Jabar Juara” berangkat dari Kabupaten/Kota yang berprestasi yang ujung-ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan saat menerima rombongan mengatakan, pihaknya membuka diri bagi Kabupaten/Kota lain yang akan menjadikan Sumedang sebagai tempat studi komparatif.

“Apa yang dimiliki Sumedang tentunya sudah menjadi kewajiban kami untuk berbagi dengan Kabupaten/kota lain di Jawa Barat, bahkan di Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakan Sekda, Kabupaten Sumedang siap berbagi ilmu yang dimiliki saat ini dengan Kabupaten/Kota lain.

“Kita akan berbagi ilmu yang memang dibutuhkan terkait transformasi digital, sistem merit, dan akuntabilitas kinerja. Insun Medal Insun Madangan. Pada saat kita berbagi, pada saat itu juga kita mendapat keberkahan,” tuturnya.

Sekda menambahkan, Kabupaten Sumedang saat ini telah memiliki kebijakan “Sumedang Melesat” (melayani, lebih berkualitas, dan cepat) artinya semakin berprestasi san akan semakin berkinerja.

“Kami tidak ingin terlena di zona nyaman atas berbagai raihan prestasi. Karena jika tidak hati-hati, kita bisa jatuh. Maka jangan sampai prestasi malah melenakan kita,” katanya.(abas)

Categories: Regional