Lagi, Kebakaran Lahap 36 Ha Lahan Pinus Milik Perum Perhutani KPH Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi, kali ini di lahan pinus milik Perum Perhutani KPH Sumedang. Lokasi kebakaran tepatnya di Blok Ciwaluran petak 8,9 dan 10 Desa Padasari Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, Selasa (22/10/2019) sekira pukul 10.30 Wib.

Dengan sigap petugas yang dipimpin Pasi Ops Kodim 0610 Sumedang Kapten Inf Agus Hermawan bersama, Danramil Cimalaka Kapten Inf Syamsudin Latukau,  Kapolsek Cimalaka yg diwakili oleh Aiptu Supriyanto (Panit 2 Sabhara Sek Cimalaka), Perwira Pembina Perum Perhutani Sumedang Kompol Herno Mardianto, Kepala Desa Padasari beserta aparatur pemerintahan desa, Personel Polsek Cimalaka sbyk 5 personel, Personel gabungan Koramil Kodim 0610 Sumedang sbyk 14 personel, Aparatur pemerintahan Desa Citimun, Tim Perhutani dan Polisi Kehutanan Sumedang, Tim Damkar Kab. Sumedang, Tim BPBD Kab. Sumedang, Tim Tagana Kab. Sumedang, Relawan dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sebelas April Sumedang, Karangtaruna dan warga masyarakat sekitar 30 orang.

Proses penanggulangan kebakaran yang dilakukan dengan cara pemadaman langsung secara manual serta dengan melakukan penyekatan dibatas api sekitar lokasi kebakaran dengan tujuan agar api tidak dapat menyambar ke lokasi yang lain.

Pada pukul 17.00 Wib kegiatan penyekatan titik api kebakaran diberhentikan dengan alasan unsur keselamatan karena kondisi gelap dan tidak memungkinkan. Kemudian selanjutnya untuk petugas/relawan giat penanggulangan serta mobil ambulans dari Puskesmas Cimalaka disiagakan di kantor Kepala Desa Padasari Kec. Cimalaka. Sedangkan untuk 1 (satu) unit mobil pemadam kebakaran dari Damkar Kab. Sumedang disiagakan di SMA Negeri 2 Cimalaka untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal lain.

Akibat kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka, sedangkan untuk luas yang terbakar diperkirakan sebesar ± 36 Ha. Dan kerugian materi belum bisa ditaksir/dihitung. (Abas)

Advertisement

Categories: Regional