Liburan Akhir Tahun, Hati-hati di Persimpangan Jompo Jember - El Jabar

Liburan Akhir Tahun, Hati-hati di Persimpangan Jompo Jember

JEMBER, eljabar.com — Menghadapi liburan akhir tahun serta perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 yang telah ditetapkan pemerintah, sepertinya Pemkab Jember telah merspon jauh sebelumnya dengan menerbitkan sejumlah kebijakan dalam rangka mencegah penyebaran virus mematikan covid19.

Selain trend penderita dan korban meninggal yang menunjukkan peningkatan dalam beberapa pekan terakhir, Pemkab Jember diperkirkarakan akan melakukan rekayasa lalulintas di sejumlah titik-titik lokasi yang berpotensi menjadi simpul kemacetan bersama instansi terkait. Seperti di persimpangan Jompo, Jl. Sultan Agung, Jember.

Aktifitas penanganan struktur tanah dan dinding sungai yang menyangga konstruksi jalan nasional itu, terlihat masih berjalan. Di lokasi pekerjaan tersebut tentu berpotensi menjadi simpul kemacetan seiring meningkatnya volume kendaraan yang menuju maupun keluar Jember.

Hal itu dikemukakan volunter penelitian kebijakan publik Surabaya Institue Governance Studies (Sign Studies), A. Ibnu Alwahidi, di salah satu warung kopi yang terletak di depan kampus tempatnya menimba ilmu, Universitas Jember, Senin (21/12/2020).

Menurut Awied, rekayasa lalulintas di persimpangan Jompo harus dilakukan agar keselamatan pengendara terlindungi. Selain itu aktifitas penanganan jalan ambles oleh PPK 1.6 Provinsi Jatim juga perlu didukung dengan kesadaran masyarakat saat melintas di lokasi pekerjaan.

“Kami dorong pihak-pihak terkait untuk menitikberatkan pada faktor keselamatan, baik keselamatan masyarakat saat berkendara maupun jeselamatan dan keamanan pekerjaan konstruksi,” tukas Awied yang juga aktif di HMI Korkom Unej.

Pemantauan eljabar.com di lokasi pekerjaan yang dikelilingi pagar pengaman, terlihat aktifitas sejumlah alat berat. Selain itu, sejumlah rambu pengamanan proyek terlihat rapi berjajar.

Namun demikian, curah hujan yang tinggi kerap mengganggu aktifitas proyek. Menurut seorang pekerja yang ditemui eljabar.com saat jam istirahat, mengakui bahwa aktifitas alat berat terhenti. Namun hal itu tidak berdampak pada progres pekerjaan.

“Kita bekerja seperti bisa,” ujar pekerja yang enggan namanya diberitakan, singkat, Senin (21/12/2020). (*wn)

Categories: Regional