LPM Gapoktan Bina Asih Cibunar Terima Bantuan 6 Ton Gabah dari Pemda Sumedang – El Jabar

LPM Gapoktan Bina Asih Cibunar Terima Bantuan 6 Ton Gabah dari Pemda Sumedang

Sumedang,eljabar.com — Lumbung Pangan Masyarakat Gabungan Kelompok Tani (LPM Gapoktan) Bina Asih Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang berupa 6.540 ton gabah.

Bantuan diberikan langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir kepada Ketua Gapoktan Bina Asih di Desa Cibunar Rancakalong, Selasa, (11/1/2022).

Bupati Dony menyampaikan, keberadaan lumbung yang sudah dilengkapi dengan mesin pengilingan tersebut merupakan salah satu wujud pembangunan kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat.

“Lumbung pangan ini tanahnya  wakaf dari Bapak Adang, tokoh masyarakat di sini. Pemerintah pusat bantu  pembangunan lumbung dan juga mesinnya. Kami coba bantu memberikan gabah 6 ton lebih,” katanya.

Dengan adanya lumbung padi tersebut, ketersediaan pangan masyarakat terjamin dengan menampung gabah hasil panen dan petani bisa menjalankan usaha penjualan beras.

“Para petani yang biasanya hanya menjual gabah kini bisa beralih menjual beras. Artinya nanti akan ada ‘added value’ atau nilai tambah bagi para petani,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta agar Gapoktan Bina Asih bisa mengemas produk beras untuk 5 Kg atau 10 Kg dengan memenuhi PIRT atau uji lab berasnya.

“Packagingnya harus bagus. Saya harapkan Gapoktan bekerja sama dengan BUMDes sebagai supplier beras untuk Bantuan Pangan Non Tunai di e-warong. Jadi e-warong dapat dari BUMDes sehingga ekonominya bergerak,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, mesin penggilingan tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh Gapoktan dengan menyewakannya kepada para pemilik gabah yang lain.

“Uang hasil sewanya disimpan dan nanti menjadi modal bagi para petani,” ujarnya

Dengan demikian, adanya fasilitas yang sangat representatif tersebut sangat mendukung Gapoktan Bina Asih dan anggotanya bisa lebih maju dan berkembang yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Cibunar Heni Susilawati sangat bersyukur dengan bantuan yang telah diberikan Pemda dan Pemerintah Pusat.

“Saya sangat berterimakasih atas kedatangan Bupati dengan bantuan yang diberikan. Semoga ini menjadukan Cibunar ke depannya lebih baik dan lebih maju lagi,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, kehadiran lumbung padi tersebut benar-benar berdampak bagi kemajuan desa dan bermanfaat bagi warga masyarakatnya.

“Mudah mudahan dengan dibangunnya LPM Gapoktan Bina Asih bisa bermanfaat untuk masyarakat Cibunar. Sesuai arahan Bupati, nanti dalam pengelolaannya bekerja sama dengan BUMDes Cibunar,” katanya.(abas)

Categories: Regional