Maksimalkan Layanan SAR, Basarnas Terima Dua Helikopter dari PT. Dirgantara indonesia

BANDUNG, eljabar.com — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) melaksanakan serah terima Helikopter Medium Intermediate AS365 N3 +  dari PT. Dirgantara Indonesia yang bertempat di Hanggar Rotary Wing PT. DI, Jl. Pajajaran No. 154 Bandung, Kamis (12/12/2019).

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Marseka Madya TNI Bagus Puruhito dan Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia Elfien Guntoro menandatangani langsung dokumen serah terima dua unit helikopter.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan kongkrit untuk meningkatkan pelayanan SAR bagi masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya. Serta dimaksudkan guna mempercepat response time dalam pelaksanaan pelayanan SAR,” ujar Kepala BASARNAS, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Selain itu juga, kegiatan ini mampu menjadi salah satu bentuk penguatan industri khususnya penerbangan.

“Disamping tujuan pelayanan SAR, kegiatan ini juga bertujuan mampu menjadi penguatan industri dalam negeri khususnya pada dunia industri penerbangan Indonesia  yaitu dengan Basarnas memesan dua heli melalui PT. Dirgantara Indonesia yang merupakan salah satu industri penerbangan yang kita miliki,” lanjutnya.

Helikopter ini telah sesuai standar SAR dan Coast Guard dengan total sebanyak 170 helikopter Dauphin, yang digunakan di seluruh dunia. Helikopter ini dilengkapi dengan Hoist untuk menarik/mengevakuasi korban pada sisi pintu kanan.

Direktur Utama PT. DI menyebutkan bahwa kegiatan inu merupakan wujud PT DI untuk membantuk Basarnas.

“Dengan diserahkannya kedua helikopter AS365 N3+ Dauphin ini, membuktikan keseriusan PTDI untuk membantu pemenuhan tugas pokok dan fungsi Basarnas demi menunjang pekerjaan dalam mengevakuasi dan menolong korban,” kata Elfien. (Abas)

Advertisement

Categories: Nasional

Tags: ,,,,,,,,