Mengeruk Untung dari Pelaksanaan Kegiatan Pemeliharaan Jembatan Suramadu - El Jabar

Mengeruk Untung dari Pelaksanaan Kegiatan Pemeliharaan Jembatan Suramadu

Surabaya, eljabar.com – Kegiatan pemeliharaan jembatan Suramadu yang disorot tajam sejumlah kalangan memantik spekulasi negatif yang bergulir di tengah masyarakat.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang pakar konstruksi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, yang dipublis di situs satu media online.

Pemerhati dari Sign Studies, Caesar Pranawangsa, mengatakan, kinerja pemeliharaan jembatan panjang seperti Jembatan Suramadu diatur dalam petunjuk teknis pemeliharasn jembatan bentang panjang.

Jika saja dalam pelaksanaannya masih menimbulkan potensi kebocoran anggaran, menurut Caesar, maka harus1 dilakukan evaluasi menyeluruh.

“Terutama sumber daya manusia. Ini penting karena dengan SDM yang mumpuni dan berintegritas akan membentuk organisasi kerja yang baik. Sesimple itu sebenarnya”, ujarnya.

Masih kata Caesar, setiap usulan penanganan jembatan khusus, seperti Jembatan Suramadu, harus diperkuat dengan pemeriksaan oleh tenaga ahli perencanaan.

Hasil pemeriksaan merupakan data penting bagi rencana maupun program jembatan untuk penanganan yang sesuai.

Selain itu, imbuhnya, pekerjaan pemeliharaan jembatan khusus harus tepat sesuai rencana agar usia layanannya efektif, umur rencananya tercapai.

Diberitakan sebelumnya, kinerja pemeliharaan jembatan Suramadu kerap dikritik oleh berbagai kalangan, diantaranya anggota DPRD Provinsi Jatim, Mathur Suhairi.

Mathur menilai, beberapa lampu penerangan jalan umum yang lama dibiarkan mati adalah indikator pelaksanaan pemeliharaan yang belum sepenuhnya memenuhi petunjuk teknisya.

Terpisah, pendiri Invasus, Lukas Jebaru, mendesak BBPJN 8 Jatim-Bali memperbaiki kinerja pemeliharaan jembatan yang menjadi ikon masyarakat tersebut.

Kepala Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan. (andi setiawan/wn)

 

Categories: Politik,Uncategorized