Oktober, Revisi RPJMD Kota Sukabumi Masuk ke DPRD - El Jabar

Oktober, Revisi RPJMD Kota Sukabumi Masuk ke DPRD

SUKABUMI, eljabar.com,- Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 yang saat ini tengah dilakukan oleh Pemkot Sukabumi saat ini, dapat melahirkan RPJDM yang ideal, meskipun saat ini masa kepemimpinan Walikota Sukabumi dan Wakilnya belum genap dua tahun.

“Sebagaimana tercantum dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017, bahwa revisi RPJMD sangat dimungkinkan ketika memenuhi empat alasan,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, saat digelarnya Forum konsultasi publik penyusunan perubahan RPJMD tahun 2018-2023 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Selasa (25/8/2020).

Hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, para asisten daerah, dan kepala perangkat daerah serta perwakilan komunitas seperti perawat dan seniman yang mengikutinya melalui virtual meeting.
Fahmi menjelaskan keempat hal yang menjadi dasar adanya revisi RPJMD tersebut. Yakni, apabila perumusan tidak sesuai, tapi di Kota Sukabumi semuanya sudah sesuai perumusan dan bukan dari alasan ini.

Kemudian yang kedua, subtansi yang dirumuskan tidak sesuai dan ini juga bukan menjadi alasan revisi, ke tiga, sisa masa berlaku lebih atau sama dengan 3 tahun, tapi sekarang masih memenuhi belum genap 2 tahun, dan alasan ke empat ketika terjadi perubahan yang mendasar.

“Alasan inilah yang membuat proses RPJMD perlu dilakukan perubahan (revisi), dikarenakan pemerintah pertama menyampaikan terjadi bencana non alam nasional terkait Covid-19 sampai jadi wabah pandemi di negeri ini,” ungkap Fahmi.
Fahmi juga menargetkan , jika di bulan Oktober ataupun di triwulan ke empat, revisi RPJMD ini sudah masuk ke DPRD untuk mendapatkan perstujuan.

“Revisi RPJMD ini ditargtekan tuntas di triwulan ke empat, dan sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD,” pungkas Fahmi. (anne)

Categories: Pemerintahan