Para Pelaku Wisata di Sumedang Dapat Bantuan Dari Bupati – El Jabar

Para Pelaku Wisata di Sumedang Dapat Bantuan Dari Bupati

Sumedang,eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir secara simbolis memberikan bantuan sosial kepada para pelaku wisata dan pelaku budaya, seniman di halaman Gedung Negara, Kamis (12/8/2021).

Tampak hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa beserta jajaran.

Bupati dalam kesempatannya mengungkapkan, hampir satu bulan lebih Sumedang menerapkan PPKM Level 4 untuk melindungi masyarakat Sumedang terhindar dari Covid-19, tapi di sisi lain banyak pelaku usaha, ekonomi, seni dan budaya yang terdampak kebijakan ini.


“Kami pun tentunya harus memperhatikan dan memperjuangkan apa yang menjadi harapan aspirasi dari pelaku ekonomi, usaha, wisata, seni budaya dan lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, beberapa usulan yang disampaikan telah ditindaklanjuti untuk disampaikan kembali kepada pemerintah pusat diantaranya permohonan adanya pelonggaran.

“Usulannya berkaitan dengan relaksasi, baik itu perpajakan, retribusi, perbankan, bahkan di asuransi dan lainnya,” ucapnya.

Menurut Bupati, semua ditindaklanjuti sesuai dengan kebijakan masing-masing.

“Di dalamnya termasuk mana yang menjadi kewenangan daerah.
Misalnya pajak daerah mana yang bisa kami relaksasi sesuai harapan pelaku usaha, terutama UMKM,” ucapnya

Ditambahkan Bupati, pemerintah hadir memberikan perhatian  untuk meringankan bebani para pelaku ekonomi, usaha wisata dan seni budaya.

“Karena banyak yang tidak bisa tampil, banyak yang gulung tikar atau di PHK sehingga tidak memiliki pendapatan. Kami berikan Bansos setidaknya bisa meringankan beban,” katanya.

Dikatakan, pemerintah  memberikan solusi kepada masyarakat yang terdampak, baik jangka pendek maupun jangka panjangnya.

“Diantaranya kami berikan Bansos dari berbagai sumber. Ada dari PKH, BPNT, Bantuan Sosial Tunai, ada dari BLT Provinsi, Kabupaten, BLT Dana Desa. Inilah perhatian kami untuk masyarakat yang terdampak. Mudah-mudahan pandemi segera berlalu dan tetap menjalankan protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PHRI Kabupaten Sumedang H. Nana Mulyana dalam kesempatannya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bupati diantaranya mengirim surat ke pemerintah pusat terkait dengan aspirasi yang disampaikan.

“Sudah kami sampaikan terkait relaksasi pajak. Untuk retribusi daerah akan ditinjau ulang oleh Pemda. Relaksasi yang lain seperti PLN dan BPJS kita langsung follow up secara personal setelah ada surat rekomendasi dari Pak Bupati,” ujarnya

Dikatakannya, pihaknya telah menyiapkan skema sedemikian rupa sehingga ke depan Sumedang menjadi solusi untuk berwisata di Jawa Barat.

“Hari ini Jawa Barat sudah berada di Zona Oranye. Kita harus pikirkan bersama apa yang harus dilakukan paska dibukanya kembali destinasi wisata. Bagaimana menumbuhkan kembali ekonomi yang terpuruk ini. Tentunya perlu kolaborasi semua pihak, termasuk di dalamnya promosi,” ucapnya.(abas)

Categories: Regional