Pekerjaan Long Segmen Jalan Nasional Jatim-Bali Segera PHO - El Jabar

Pekerjaan Long Segmen Jalan Nasional Jatim-Bali Segera PHO

SURABAYA, eljabar.com — Sejumlah pekerjaan kontraktual preservasi long segmen ruas jalan nasional di Jatim dan Bali akan diserahterimakan (PHO, Provisional Hand Over).

Menurut PPK Preservasi I Satuan Kerja BBPJN Jatim-Bali, Sodeli, untuk menyiapkan PHO tersebut pihaknya saat ini sedang mengecek dan meneliti kelengkapan dari dokumen kontrak pekerjaan long segmen.

“Kelengkapan dokumen untuk PHO masih diteliti dan diperiksa,” jawab Sodeli via pesan singkat, Selasa (22/12/2020).

Pekerjaan Long Segmen Jalan Nasional Jatim BaliSelain itu, kata Sodeli, pihaknya juga sedang mempersiapkan dokumen rencana biaya pelaksanaan (RPB) jalur lintas selatan yang terletak di Ringinrejo, Wates, Kabupaten Blitar pada tahun anggaran 2021.

Beberapa kalangan menilai kinerja satuan kerja pelaksanaan jalan nasional patut diapresiasi. Penilaian itu tak lepas dari upaya yang dilakukan oleh BBPJN Jatim-Bali dalam menjaga dan meningkatkan kemantapan jalan. Sebab, kebijakan refocusing dan realokasi anggaran pasca pandemi covid19 tidak mengubah orientasi pelaksanaan kegiatan menjaga kemantapan jalan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Penilaian tersebut diungkapkan oleh Moh. Imran Sudarmaji, peneliti kebijakan publik dari Surabaya Institute Governance Studies (Sign Studies), Selasa (22/12/2020).

“Kinerja satuan kerja pelaksanaan jalan nasional di lingkup BBPJN Jatim-Bali patut kita hargai. Dalam situasi dan kondisi yang menuntut adaptasi terhadap kehidupan baru, mereka konsisten menjaga kondisi ruas jalan nasional tetap mantap,” kata Khairul.

Namun, penelusuran eljabar.com masih menemukan sejumlah ruas jalan yang belum dilengkapi markah. Tentu hal ini akan mengurangi tingkat keamanan dan keselamatan pengendara di malam hari, apalagi sejumlah penerangan jalan umum (PJU) tidak berfungsi. (*wn)

 

Categories: Nasional