Pekerjaan Lot 9 JLS Capai 52,53 Persen, TA 2021 Digelontor Rp 25 Miliar – El Jabar

Pekerjaan Lot 9 JLS Capai 52,53 Persen, TA 2021 Digelontor Rp 25 Miliar

MALANG, eljabar.com — Jalan Lintas Selatan di Peovinsi Jawa Timur, yang membentang dari selata Kabupaten Magetan hingga Kabupaten Banyuwangi sepanjang 684 kilometer dan yang sudah selesai dibangun sepanjang 382 kilometer.

Pembangunan JLS Jatim terbagi dalam beberapa lot pekerjaan. Dari beberapa lot pekerjaan, lot 9 mendapat perhatian sejumlah kalangan. Hal ini tak beralasan, jalan yang membentang di Malang selatan tersebut akan menyajikan keindahan pantai di kawasan tersebut.

Lot 9 Balekambang hingga Kedungsalam sepanjang 18,06 kilometer, kepada eljabar.com, PPK 1.3 Jatim Fahrudin mengatakan bahwa pada tahun ini teralokasi anggaran sebesar Rp25 miliar.

“Progres pekerjaan telah mencapai 52,53 persen,” terang Fahrudin melalui aplikasi pesan.

Ia menambahkan, pembangunan JLS lot 9 dimulai sejak tahun 2019 lalu. Diharapkan proses pembangunan jalan tersebut akan selesai pada 2022 mendatang.
Meski sempat terhenti beberapa waktu, pekerjaan pembangunan jalan baru tersebut kembali dikebut.

“Jika sudah selesai maka jalan baru ini akan memiliki lebar 24 meter,” ujar Fahrudin.

Ruas lot 9, selain akan memudahkan akses transportasi masyarakat di selatan Jatim, juga akan menunjang pengembangan indistri pariwisata.

Pasalnya, di sepanjang ruas jalan di kawasan Malang Selatan tersebut, masih terdapat pantai yang belum terjamah dan masih terjaga keasliannya.

Bahkan, ruas lot 9 menjadi perhatian Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawangsa. Gubernur perempuan Jatim pertama itu meyakini pertumbuhan ekonomi di Malang Selatan.

“Kebetulan angka kemiskinan Malang selatan paling tinggi di Jatim dan ini bisa direduksi dengan membangun sentra-sentra ekonomi baru setelah lot 9 selesai dibangun,” kata Khofifah.

Sementara itu, penelusuran eljabar.com di ruas lot 9 melihat sudah terdapat bangunan pelengkap jalan. Sepanjang perjalanan menuju arah Kabupaten Blitar, drainase jalan yang menggunakan prescast, telah terpasang di jalan yang sudah nyaman dilintasi, meski belum sepenuhnya selesai. (andi)

Categories: Regional