Pembangunan PASIMMAS Didesa Teja Jimur Memasuki Tahap Finishing – El Jabar

Pembangunan PASIMMAS Didesa Teja Jimur Memasuki Tahap Finishing

PAMEKASAN, eljabar.com – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Sesuai dengan janji Kepala Desa Teja Timur Aminullah, Pasimmas di desanya telah berhasil diwujudkan, serta menjadi asset desa yang akan terus digunakan untuk semua kalangan masyarakat.

Ia mengaku, meskipun mengalami beberapa hambatan pembangunan, namun pihaknya berhasil merealisasikan harapan masyarakat dalam pelayanan air minum.

“Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk warga masyarakat Desa Teja Timur,” ucapnya saat ditemui oleh eljabar.com.

Program Pamsimas yang direncanakan pada tahun 2020 bisa terealisasi tahun ini. Keberhasilan ini tentu akan menambah akses air bersih bagi masyarakat yang dikelola secara mandiri.

“Mungkin pembangunanya kini telah mencapai 90 persen, mohon dukungannya agar pengerjaannya tepat waktu dan segera bisa dimanfaatkan,” kata Aminullah.

Sementara itu, fasilitator Pamsimas Desa Teja Timur, Arifin Waluya, mengatakan bahwa pada saat pembangunan terdapat kendala, yaitu tanah pondasi yang bergerak hingga galian longsor berulangkali, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan memodifikasi teknik membangunnya.

“Cuma risikonya akan terjadi over head material, ini satu-satunya metode yang bisa dilakukan agar pembangunannya on schedule,” kata Arifin.

Untuk ke depan, imbuhnya, hasil dari kegiatan ini akan diserahkan kepada masyarakat dan segera dimanfaatkan,” ujarnya.

Nantinya, air dari reservoir ini akan didistribusikan kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan pipa distribusi sepanjang lebih dari 1 kilometer, kemudian disalurkan ke sambungan rumah (SR) masing-masing warga.

Pembangunan aset desa seperti ini sudah selayaknya dilakukan untuk memperluas cakupan dan layanan air bersih yang selama ini mengalami dampak kekeringan di musim kemarau. (idrus)

Categories: Nasional