Pemilik Kendaraan di Jatim Mendapat Insentif dari Kebijakan Insentif Pajak Daerah Untuk Rakyat – El Jabar

Pemilik Kendaraan di Jatim Mendapat Insentif dari Kebijakan Insentif Pajak Daerah Untuk Rakyat

SURABAYA, eljabar.com – Guna mengurangi beban masyarakat akibat dampak pandemi virus Covid-19 Pemprov Jatim memberikan insentif pajak daerah untuk rakyat Jawa Timur 2021. Kebijakan insentif pajak daerah tersebut mulai berlaku sejak 9 September sampai dengan 9 Desember 2021.

Hal ini tertuang dalam surat Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor: 970/35073/202.3/2021 dengan perihal surat Kebijakan Pemberian Insentif Pajak Daerah untuk Rakyat Jawa Timur 2021.

Dalam surat yang dibuat tanggal 8 September 2021 tersebut terdapat 3 insentif pajak daerah yang diberikan. Pertama adalah insentif pajak daerah berupa pembebasan sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Kedua, BBNKB ke II dan seterusnya dibebaskan dari biaya pokok dan yang ketiga adalah pengurangan pokok PKB untuk roda dua dan tiga sebesar 20 persen dan roda empat sebesar 10 persen.

Kepala Bapenda Provinsi Jawa Timur Abimanyu Poncoatmojo, melalui surat tersebut meminta kepada Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk mengoordinasikan pelaksanaan kebijakan insentif pajak daerah itu kepada seluruh jajaran.

Sementara itu, Kanit Reg Ident (KRI) Samsat Pamekasan Iptu Dante Anan Irawanto menyampaikan dan membenarkan adanya pemutihan dan insentif pajak Daerah tahun 2021 yang memang menjadi program setiap tahun Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dante menerangkan bahwa ada beberapa klaster yang perlu masyarakat ketahui sebelumnya, mulai dari bebas BBN, bebas sanksi administratif dan insentif pajak.

“Klaster pemutihan balik nama meliputi kendaraan bermotor atas penyerahan kedua dan seterusnya (BBN 2), selanjutnya bebas sanksi administratif pajak kendaraan bermotor dan BBN kendaraan bermotor, dan terakhir insentif pajak, merupakan potongan pajak dengan klasterisasi untuk roda dua dan tiga sebesar 20% dan roda empat sebesar 10%,” terang Dante. Kamis (09/09/2021).

Dante menambahkah, dari ketentuan tersebut, bagi masyarakat yang mempunyai tunggakan pajak agar segera diproses mumpung masih ada pemutihan dan insentif pajak daerah tahun 2021 khusus wilayah Jawa Timur. (idrus)

Categories: Nasional