Pemkab Berkomitmen Menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata - El Jabar

Pemkab Berkomitmen Menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata

SUMEDANG, eljabar.com — Pemda Kabupaten Sumedang menerima Kunjungan Kerja Spesifik Bidang Pariwisata Komisi X DPR RI di Gedung Negara, Jumat (04/12/2020).

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang menyambut langsung rombongan Komisi X DPR RI tersebut menyampaikan, Pemkab Sumedang telah berkomitmen menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata.

“Karena setiap kabupaten harus mempunyai ‘core business’ yang jelas untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya, maka kami telah berkomitmen menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata,” ucap Bupati Dony yang didampingi Sekretaris Daerah Herman Suryatman.

Menurutnya, potensi yang ada di Sumedang sangat bagus, tinggal bagaimana untuk lebih dikembangkan dan di-explore lebih baik lagi.

“Potensi yang ada akan lebih dikembangkan. Dengan wisata yang baik, tentunya akan menggerakkan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan bupati, untuk mengembangkan wisata, tentunya perlu ada aksesibilitas, amenitas dan atraksi yang mendukung.

“Seperti yang dikatakan oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, harus ada yang dilihat, lalu ada atraksi yang dilakukan, ada untuk belajar dan ada yang membeli,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, Pemkab Sumedang tidak main-main menjadikan wisata Sumedang menjadi wisata kelas dunia.

“Dengan kedatangan Komisi X DPR RI dan Deputi tentunya akan lebih menambah semangat kami menjadikan Sumedang sebagai pariwisata kelas dunia,” tegasnya.

Bupati menambahkan, saat ini Pemkab Sumedang sendiri sudah bekerja sama dengan UPI dan membuka Jurusan Industri Pariwisata.

“Ini bentuk kerjasama UPI dengan Pemkab. Kami sudah mengkuliahkan sebanyak 80 orang yang setengahnya merupakan orang lokal,” paparnya.

Hal tersebut, lanjut bupati, nantinya bisa dikolaborasikan dengan program di SDM yang ada yang saat ini sekolah di jurusan pariwisata.

“Jadi kami menyiapkan fisiknya, membranding-nya, dan advertising-nya sehingga SDM nya bisa kuat. Setelah kuat, akan memberikan pelayanan yang lebih baik,” tukasnya.

Berkaitan dengan e-office Desa, dikatakan Bupati nantinya akan juga terintegrasi dengan aplikasi super e-office.

“Dengan begitu, destinasi wisata desa akan berkembang dan tentunya akan menunjang perekonomian di desa itu sendiri. Khusus Desa wisata di sekitar Jatigede nanti bisa dibantu dan dibuat klaster seperti desa wisata air, wisata handycraft, wisata alam dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komis X DPR RI Hetifah Sjaifudian akan mendukung Pemkab Sumedang untuk menjadi Kabupaten Pariwisata.

“Kami merasa Sumedang memiliki potensi sumber daya yang bagus dan didukung program pemerintah yang bagus. Kami senang (Sumedang) banyak perkembangan. Sumedang menjadi salah satu pusat inovasi, ” katanya.

Hetifah menjelaskan,segala bentuk dukungan yang akan diberikan berupa plitical support.

“Bentuk dukungan yang akan kami berikan berupa dukungan politik seperti rencana dan regulasi,” pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Wisnu Bawa Tarunajaya, Sekertaris Deputi Bidang Kebijakan Strategis Haryanto, dan para anggota komisi X DPR RI. (Abas)

Categories: Nasional