Pemkab Sumedang Bahas Pembuatan Kawasan Saint dan Teknologi (KST) Bersama Unpad - El Jabar

Pemkab Sumedang Bahas Pembuatan Kawasan Saint dan Teknologi (KST) Bersama Unpad

SUMEDANG,eljabar.com – Program yang digagas Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor, Sumedang, yakni rencana pembuatan kawasan saint dan teknologi (KST) berbasis kelompok dibahas di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Senin (5/4/2021).

Pencanangan program tersebut juga bekerja sama dengan pemerintah daerah Sumedang. Sementara pada pembahasan lanjutan ini, dihadiri Sekda Sumedang Drs. Herman Suyatman, Kepala Dinas Pertanian Ir. Amim, Kabid Perencanaan Bappeda Ir. Erwin, MT., Camat Pamulihan, Kepala Desa Cilembu, Dr. H. Dudi Supardi, ST., MM. (DPRD Sumedang) serta dari Unpad yang diwakili Prof. Keri, Dosen Fakultas Pertanian, dan dosen Fakultas Peternakan.

Pada pembahasan yang dilaksanakan di villa H. Jaja, dibahas tentang rencana kerja KST, deliniasi KST, serta pelibatan masyarakat petani di kawasan Cilembu, sedang garapan KST meliputi penanaman Ubi Cilembu dan peternakan sapi.

Dudi Supardi menjelaskan, dalam pembicaraan dibahas bagaimana KST ini menjadi kawasan yang menjadi tempat tujuan wisata, penelitian serta usaha yang sudah direncanakan pemasarannya dari hulu ke hilir.

“Sedang luas wilayah yang direncanakan meliputi dua desa, yaitu Cilembu dan desa tetangganya. Karena KST ini merupakan program kerja jangka panjang sehingga pencanangannya baru bisa dimulai pada tahun 2022, dan tahapan perencanaannya dari tahun sekarang meliputi feasibility study dan pembuatan DED-nya. Program KST ini akan dibiayai dengan dana yang diajukan dari APBD Provinsi,” ucapnya.

“Kami berharap rencana ini akan menambah keberhasilan Pemda Sumedang dalam mengangkat potensi daerahnya untuk dapat mengangkat ekonomi masyarakat secara keseluruhan,” tandasnya. (Abas)

Categories: Regional