Pemkab Sumedang Dukung Akselerasi Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu - El Jabar

Pemkab Sumedang Dukung Akselerasi Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumedang terus berupaya agar pembebasan lahan Tol Cisumdawu (Cileunyi- Sumedang- Dawuan) dapat segera diselesaikan sehingga pengerjaan fisik dapat berjalan dengan lancar sesuai target yang direncanakan.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat menerima kunjungan lapangan Komisi XI DPR RI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di lokasi proyek terowongan Cisumdawu, Senin (12/10/2020).

Dikatakan bupati, pihaknya bersama BPN tengah melakukan pendataan dan musyawarah dengan masyarakat agar pembebasan lahan bisa cepat diselesaikan.

“Pemda Sumedang ikut membantu mengakselerasi dengan membentuk Tim Satgas. Ada satgas A untuk lahan tanah mutlak di BPN dan Satgas B yang dari pemda. Kami terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan BPN untuk mengakselerasi pembebasan lahan tol agar pembayaran bisa dilakukan secepatnya,” ungkap bupati.

Disinggung mengenai penamaan gerbang tol di Pamulihan yang menggunakan nama Rancakalong, ia menuturkan bahwa dalam waktu dekat akan diganti sesuai dengan nama lokasi. Pemda juga berkomitmen dengan CKJT, khusus untuk penunjuk arah di Tol Cisumdawu akan lebih diarahkan ke lokasi-lokasi wisata.

“Untuk gerbang tol Rancakalong akan dirobah lagi menjadi gerbang tol Pamulihan. Untuk penunjuk arah, saya sudah komitmen dengan CKJT, agar nanti di beberapa exit tol itu ada petunjuk arah ke tempat-tempat wisata di Sumedang,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga mengatakan, pihaknya merasa sangat optimistis proses pembangunan berjalan lancar karena beberapa bidang tanah yang akan diselesaikan pada dasarnya tinggal menunggu proses pengadilan.

“Jika melihat apa yang telah disampaikan oleh pelaksana, akhir tahun depan proyek ini sudah bisa berjalan,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya menginginkan agar pembangunan Tol Cisumdawu ini bisa dilakukan secepatnya.

“Proses pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat menjadi suatu hal yang sangat penting.┬áIni kan segitiga emas antara Patimban, Bandara Kertajati, Bandung dan sekitarnya sebagai sentra industri,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Eriko, dalam mendukung perkembangan sentra industri di Jawa Barat harus ditunjang dengan ketersediaan infrastruktur serta pemulihan ekonomi nasional bisa berjalan lebih cepat dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Ini salah satu pertumbuhan yang kita harapkan. Kami ingin mempercepat proses ini selesai lebih cepat lagi. Kalau bisa, sebelum pertengahan tahun depan, proyek ini sudah bisa berjalan untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jawa Barat,” pungkasnya. (Abas)

 

Categories: Pemerintahan