Pemkab Sumedang Gelar Upacara Peingatan Hari Ibu Ke-91 dan HKSN 2019

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Hari Aids Sedunia, Hari Disabilitas Internasional dan Hari Bela Negara Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2019 di Lapang Upacara Setda IPP Kabupaten Sumedang, Senin (23/12/2019).

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan bertindak sebagai Pembina Upacara sedangkan Komandan Upacara oleh Ipda Icih Marlianingsih dari unsur Polres Sumedang.

Sedangkan pengibar bendera dari unsur Paskibraka Kabupaten Sumedang yang semuanya wanita. Petugas pembaca Teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan Ikrar Bela Negara dari unsur GOW Kabupaten Sumedang. Sejarah singkat Hari Ibu disampaikan unsur IIAD. Pembaca do’a dari Persistri dan paduan suara dari PD Aisyiah.

Terpantau hadir dalam upacara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sumedang, para Kepala SKPD, ketua organisasi wanita, tokoh perempuan Sumedang, dan tamu undangan lainnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati mengatakan, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang dituntut untuk sadar dan aktif meraih akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan.

“Peringatan Hari Ibu (PHI) diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Yang akhirnya akan memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan,” ungkapnya.

Masih dalam sambutannya Gusti Ayu mengatakan, PHI ke-91 tahun 2019 adalah titik awal gerakan “percepatan” pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan dan memberikan perlindungan bagi perempuan sesuai dengan arahan Presiden, sehingga tema yang diangkat dalam PHI ini adalah “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

“Pada kesempatan PHI ke 91 ini, saya mengajak semua perempuan untuk terus maju, maju menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan tentunya akan bersama laki-laki menjadi kekuatan besar yang memastikan terwujudnya SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Masih dalam acara yang sama, Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan menutup Bulan Dana Amal Kemanusiaan PMI Kabupaten Sumedang Tahun 2019, yang telah berlangsung 1 Oktober hingga 30 November 2019.

“Pada rentang waktu tersebut telah terkumpul dana sebesar Rp. 446. 284. 425,-. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia dan lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menginfakan sebagaian hartanya,” ucapnya.

Wakil Bupati berpesan dan berharap kepada jajaran pengurus PMI Kabupaten Sumedang agar menggunakan dana tersebut untuk kegiatan sesuai dengan peruntukannya, yakni mendukung penanggulangan masalah kemanusiaan.

“Semoga PMI Kabupaten Sumedang ke depannya semakin eksis di tengah-tengah masyarakat serta mendukung terwujudnya Kabupaten Sumedang yang Simpati,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut turut diserahkan piagam penghargaan untuk tokoh perempuan, bantuan kaki palsu dan kursi roda bagi penyandang disabilitas, Sembako untuk lansia, anak terlantar, dan pemulung. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan