Pemkab Sumedang Luncurkan "Simpati Conversational Government" | El Jabar

Pemkab Sumedang Luncurkan “Simpati Conversational Government”

Sumedang, eljabar. Com — Pemerintah Kabupaten Sumedang kembali berinovasi dalam produk layanan kepada masyarakat dengan meluncurkan “Simpati Conversational Government”.

Aplikasi tersebut berupa akses layanan digital yang menginformasikan perkembangan terkini Covid-19 yang rencananya akan diluncurkan secara resmi pada Senin, 12 Juli 2021 mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Online yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Rabu malam (7/7/2021).

Rapat diikuti para Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Bappppeda, Kepala Diskominfosanditik, Sekretaris Bappppeda, dan para Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang.

Sekda Herman Suryatman menyebutkan, Simpati Conversational merupakan layanan informasi berbasis web yang dikembangkan Pemkab Sumedang agar warga bisa mengakses perkembangan terkini Covid-19

“Selain bisa mengakses perkembangan kasus Covid-19, warga juga bisa mengakses informasi ketersediaan ‘bed’ rumah sakit, layanan isolasi mandiri, kampanye protokol kesehatan, informasi gaya hidup sehat, self care Covid 19, aplikasi pendukung Covid-19 serta informasi layanan swab dan vaksinasi,” jelasnya.

Ditegaskan Sekda, tidak hanya informasi tentang Covid 19, aplikasi tersebut juga akan menyediakan 11 fitur berbagai akses layanan informasi lainnya tentang Sumedang.

” Diantaranya kita juga bisa mengakses profil Sumedang, informasi kecamatan dan perangkat daerah, informasi pariwisata dan kuliner, informasi bisnis dan ekonomi, Mall Pelayanan Publik (MPP), pelayanan pajak dan retribusi daerah, layanan layanan digital unggulan, berita terkini, pengaduan dan layanan kegawatdarutan, serta layanan saran dan gagasan,” ujarnya.

Sekda juga menyebutkan, aplikasi tersebut nantinya benar-benar menjadi aplikasi yang Good Data, Good Business dan Good Action.

“Aplikasi ini sudah hampir 60-70 persen. Saya berharap nantinya aplikasi ini bisa menjembatani semua pemangku kepentingan dalam penanganan Covid-19 serta memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan,” katanya.

Terakhir Sekda menyebutkan, rencananya ‘Simpati Conversational Government’ akan dilaunching oleh Bupati Sumedang dan disaksikan oleh salah satu Menteri secara zoom meeting.

“Saya berharap momentum launching bisa viral dan informasinya sampai ke masyarakat bahkan sampai tingkat nasional,” ucapnya.(abas)

Categories: Pemerintahan