Pemkot Bandung dan BBWS Sepakat Prioritaskan Normalisasi Tiga Sungai – El Jabar

Pemkot Bandung dan BBWS Sepakat Prioritaskan Normalisasi Tiga Sungai

BANDUNG, eljabar.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum terus berkolaborasi untuk menormalisasi sejumlah sungai yang melewati Kota Bandung.

Hal itu agar sungai-sungai di Kota Bandung kembali bersih dan bisa mencegah banjir.

Beberapa di antaranya telah disepakati 3 sungai aliran sungai yang melintasi jalan Sukamaju (Pasteur), sungai Cibodas, Cidurian dan Cisaranten.

“Ada tiga lokasi yang disepakti diprioritaskan. Berada di jalan Pasteur-Sukamaju, Cibodas-Cidurian dan Cisaranten. Jadi lebih normalisasi sungai dan penataan tepian sungainya,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai bersilaturahmi dengan Kepala BBWS Citarum, Bastari di Kantor BBWS Citarum, Senin (6/09/2021).

Yana menuturkan, selain 3 prioritas itu, beberapa normalisasi sungai pun masih berjalan.

“Baru tiga ini (prioritas), yang lainnya masih berjalan di beberapa titik,” tuturnya.

Salah satu kontribusi Pemerintah Kota Bandung dalam normalisasi sungai di antaranya membantu warga membongkar bangunan yang berada di daerah alisan sungai.

“Pemkot Bandung bantu bongkar juga penertiban,” tutur Yana.

Ia mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 ini, Pemkot Bandung memang terpaksa melakukan “refocusing” anggaran. Olah karenanya, perlu kolaborasi agar penataan sungai tetap terus berlangsung.

“Kita sadar ada refocusing anggaran. Kita sepakat swakelola agar dapat dirasakan manfaatnya,” tutur yana.

Sementara itu, Kepala BBWS Citarum, Bastari menegaskan, siap berkolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk menyukseskan prioritas yang sudah disepakati.

“Tentunya kami akan berkolaborasi 3 prioritas penanganan sungai di Bandung,” tuturnya.

Ia berkomitmen untuk bersama-sama menangani banjir dan normalisasi sungai. Salah satunya penataan kawasan daerah aliran sungai.

“Bersama kita atasi masalah banjir dan penataan kawasan. Kita juga siap mendukung Pemkot Bandung untuk terus berkoordinasi,” ujarnya. ***

Categories: Pemerintahan