Pendampingan Ujian Paket A dari Balik Jeruji - El Jabar

Pendampingan Ujian Paket A dari Balik Jeruji

KAB. BANDUNG, elJabar.com — Hak memperoleh pendidikan yang layak bagi warga negara, mutlak tersampaikan walau dalam keadaan apapun. Seperti halnya bagi seorang warga berinisial RA (22) yang saat ini tengah menjalani proses hukum, sehingga harus mendekam dibalik jeruji besi penjara di Polsek Baleendah Bandung.

RA tercatat sebagai peserta ujian Paket A setara tingkat sekolah dasar (SD) tahun 2020/2021 di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sukamulya Bandung.

“Kami bersyukur pihak Kepolisian memberikan kesempatan kepada warga belajar PKBM untuk mengikuti proses ujian kelulusan, disaat yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum,” ujar Ketua DPD Korp Alumni KNPI Jawa Barat, Dian Rahadian, usai melepas relawan Pendamping Ujian Warga Belajar di Bandung, Sabtu (10/04/2021).

Pendampingan Ujian Paket A dari Balik Jeruji0A
Relawan pendamping dari DPD Korp Alumni KNPI Jabar tengah mendampingi peserta ujian Paket A yang menjadi tahanan, disaksikan anggota kepolisian yang bertugas di Polsek Baleendah Bandung.

Dian menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi dengan adanya langkah kooperatif pihak Kepolisian. Turut andilnya kepolisian semacam itu sangat memberikan manfaat besar bagi peningkatan kualitas pendidikan masyarakat di Bandung.

“Pendampingan dalam rangka pemenuhan hak pendidikan warga seperti ini, menjadi pertanda adanya sinergitas warga negara dengan pemerintahnya. Sehingga hal tersebut perlu untuk terus diusung pada masa-masa mendatang dalam berbagai bentuk kepedulian yang lain,” kata Dian.

Ujian Paket A tersebut berlangsung secara online atau dalam jaringan (daring). Warga belajar mendapat pendampingan karena penyampaian soal ujian melalui perangkat telephon seluler oleh pihak penyelenggara ujian yaitu PKBM.

Para relawan bertindak memfasilitasi ketersediaan telephon serta memberikan penjelasan-penjelsan terkait proses penyelesaian soal-soal ujian.

Meski dalam keadaan terbatas, ujian dapat berjalan lancar serta disaksikan oleh aparat Kepolisian Polsek Baleendah yang bertugas saat itu. (MI/TAP)

Categories: Hukum,Pendidikan